Kapan Saya Harus Ganti Oli Mobil?




oli seputar mobil


Mungkin pertanyaan di atas sering muncul bagi pemilik mobil,apa lagi anda yang baru saja mempunyai mobil. Oli merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam mobil. Jika oli sudah lama,dapat mempengaruhi performa mobil anda,bahkan kalau sampai habis dapat berakibat fatal,sekher bisa terbakar dan mobil anda harus turun mesin. Jadi jangan malas untuk anda pemilik mobil mengecek kondisi oli mobil anda.


Oli pada mobil terdapat dalam beberapa bagian,diantaranya  ada oli mesin,oli transmisi,oli gardan,oli power steering,dan oli rem (minyak rem). Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengganrian oli mesin,oli transmisi,dan oli gardan saja. Karena menurut saya itu sangat penting,meskipun semua komponen dalam mobil juga penting.

Langsung saja saya bahas satu persatu :


1.      Oli Mesin

Oli mesin yaitu pelumas yang berfungsi untuk mendinginkan ruang bakar yang panas dikarenakan proses pembakaran. Oli mesin ada baiknya diganti setiap 3.000 – 5.000 km,sesuai kualitas merek oli nya. Selain itu perhatikan pemakaian,semakin sering anda menggunakan mobil (dipakai harian) harus semakin sering dikontrol, jika oli terasa sudah encer dan berwarna hitam sebaiknya segera diganti. Jangan lupa juga,ganti saringan oli (filter oli) setiap 3x ganti oli mesin atau sekitar 10.000km,saringan oli sangat penting untuk menjaga kualitas oli mesin mobil.


2.       Oli Transmisi

Oli Transmisi berfungsi untuk membantu memperlancar proses perpindahan percepatan pada transmisi. Selain itu untuk mencegah keausan pada gear dan syncromis yang terdapat di dalam transmisi. Oli Transmisi tidak sama dengan Oli Mesin,pergantian oli transmisi dapat dilakukan  setiap 9.000 – 10.000km. Atau untuk mempermudah anda mengingatnya,ganti Oli Transmisi setiap 3x ganti Oli Mesin sama seperti filter oli. Oli Transmisi memiliki tingkat  kekentalan atau SAE 80  atau SAE 90.


3.       Oli Gardan

Oli Gardan berfungsi untuk mencegah keausan crown wheel gear dan pinion gear yang terdapat di dalam gardan. Pergantian Oli Gardan sama dengan Oli Transmisi setiap 9.000 – 10.000km. Untuk kekentalan,Oli Gardan lebih kental dari OliTransmisi seringnya menggunakan oli dengan SAE 90,tapi jika kondisi Gardan sudah kasar sebaiknya gunakan oli yang lebih kental yaitu dengan SAE 140.



Sekli lagi perhatikan Oli mobil anda, terutama Oli Mesin cek terlebih dahulu jika akan menggunakan mobil untuk bepergian. Periksa bagaimana kondisi oli mesin mobil anda,jika sudah encer dan berwarna hitam segera ganti dengan yang baru. Jika oli berkurang,tambahkan oli baru secukupnya sesuai batas maksimum pada alat pengukur oli mesin. Jangan malas,demi kenyamanan dan keselamatan diri anda dan keluarga tercinta. Sayangi mobil anda,sayangi diri andan dan sayangilah keluarga anda.



Saya kira cukup sekian dulu tips mengenai penggantian oli mobil dari saya. Semoga bermanfaat untuk semuanya,nantikan artikel saya selanjutnya yang akan selalu bebagi tips seputar mobil.

0 Response to "Kapan Saya Harus Ganti Oli Mobil?"