Tips Merawat Mobil Sendiri



cara merawat mobil,service rem,ganti oli  
gambar : nurohmanblenyikcreative,blogspot,com

Merawat mobil adalah sebuah keharusan bagi semua pemilik mobil,apa lagi mobil adalah kendaraan yang digunakan setiap hari. Mobil yang sangat berjasa mengantarkan anda semua ke suatu tujuan haruslah dijaga dan dirawat dengan baik agar perjalanan anda lancar dan aman. Merawat mobil tidaklah sulit jika anda mengetahui langkah langkah yang harus dilakukan,berikut saya akan membagikan tips cara merawat mobil kesayangan anda sehari hari. Langsung saja ke TKP :








1.       Periksa Kondisi Oli Mesin

Sebelum anda menggunakan mobil ada baiknya anda periksa dulu kondisi oli mobil anda,apakah masih bagus apa tidak? Oli yang sudah tidak layak akan terasa encer dan berwarna hitam,jika oli sudah encer sebaiknya diganti yang baru. Periksa juga kapasitas oli jangan melebihi atau bahkan kurang dari batas maksimum kapasitas oli mesin. Jika Oli berkurang bisa jadi ada kebocoran pada packing atau seal oil nya,jika tidak ada kebocoran mungkin penyebabnya pada Ring Sekher yang sudah mengalami keausan. Penggantian Oli mesin sudah dibahas disini




2.       Bersihkan Saringan Udara

Periksa kondisi saringan udara,apakah kotor atau tidak? Jika saringan udara sudah kotor,bersihkan dengan cara menyeprotnya menggunakan kompresor. Kondisi saringan udara yang sangat kotor dapat menyebabkan penurunan performa mobil,karena menghambat  asupan udara yang masuk kedalam karburator. Periksa secara rutin,agar performa mobil tetap terjaga.




3.       Periksa Air Radiator

Sama seperti Oli pada mesin,air radiator juga menjadi bagian yang penting dalam proses mendinginkan mesin selama proses pembakaran. Sebaiknya periksa terlebih dahulu air radiator sebelum anda menggunakan mobil,periksa kualitas air dan kapasitas air radiator. Jika air radiator kurang tambahkan dan jangan lupa tambahkan juga cadangan air yang terdapat pada tabung cadangan. Tapi jika kondisi air radiator kotor sebaiknya diganti menggunakan radiator coolant. Radiator yang kotor dapat mengakibatkan sirkulasi air tidak berjalan dengan baik,sebaiknya bersihkan (korok) ke bengkel specialis radiator.



4.       Periksa Battery

Bagi anda pengguna battery tipe basah atau menggunakan cairan aki/accu,sebaiknya perlu memeriksa kondisi air aki/accu secara rutin. Jika air accu berkurang dapat menyebabkan daya battery lemah. Perlu diperhatikan dalam proses penambahan air aki ini,tidak boleh melebihi batas maksimum karena jika melebihi batas maksimum dapat menyebabkan kerusakan pada sel sel aki. Sebaiknya untuk mengisi air aki gunakan alat khusus untuk mengisi air aki. Periksa juga Klem Kepala aki apakah terpasang dengan benar (kencang) atau tidak? Klem aki yang tidak kencang dapat mengakibatkan kebocoran arus dan aki tidak dapat terisi daya dengan penuh. Klem aki yang kendor juga dapat berakibat korsleting.



5.       Periksa Minyak Rem

Minyak Rem sebaiknya diganti setiap 25.000km untuk menjaga fungsi rem agar selalu baik. Sangat disarankan  sebelum anda menggunakan mobil periksa terlebih dahulu minyak rem,minyak rem yang berkurang secara drastis menjadi indikasi kebocoran atau kerusakan pada sistem rem. Jika anda tidak menyadari adanya kebocoran tersebut dapat berakibat fatal. Jadi periksa lah secara rutin kondisi minyak rem pada kendaraan anda.  Baca artikel saya sebelumnya Tips Merawat Rem Mobil Kesayangan



Bagaimana,cukup mudahkan perawatan mobil yang saya bagikan. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah,tapi jika ragu ragu saya tidak menyarankannya. Saya hanya ingin berbagi tips yang saya kuasai,dan mungkin anda juga dapat mepelajarinya. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan sebelum anda menggunakan kendaraan anda. Demi keselamatan anda sendiri dan keselamatan mobil anda. Sekian dulu tips dari saya,semoga bermanfaat,nantikan postingan saya berikutnya. Terimakasih.


0 Response to "Tips Merawat Mobil Sendiri"

wdcfawqafwef