Cara Mencampur Pertamax dengan Premium

Cara Mencampur Pertamax dengan Premium

poto by rockafella911.wordpress.com


Berhubung kemarin baru saja diumumkan BBM bersubsidi naik harga,dan menjadi topik yang sedang hangat. Saya juga tertarik untuk membahasnya, tapi bukan membahas tentang kenaikannya atau tanggapan saya terhadap kenaikan BBM tadi. Tapi disini saya akan membahas bagaiman cara mencampur BBM jenis Pertamax dengan BBM jenis Preimum?  Mungkin saja tips ini dapat membantu anda yang ingin menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar berkualitas.

Meskipun ini terdengar mudah,tapi jika anda salah perhitungan bisa berakibat fatal untuk kendaraan anda. Tips ini dapat digunakan untuk Mobil ataupun Motor. Perhatikan baik baik dan jangan sampai salah dalam mencampur dua BBM yang berbeda kadar oktannya. Salah salah mesin kendaraan anda bisa rusak.

Disini saya membahas tips yang menurut saya paling mudah,yaitu dengan cara mencampur Pertamax dan Premium dengan perbandingan 50:50. Misalnya 1 liter Premium dicampur dengan 1 liter Pertamax,harus sama banyak jangan sampai lebih banyak diantara salah satunya. Dapat juga dihitung dari kandungan oktannya,atau bahasa kerennya RON (Research Octane number). Dengan rumus menjumlahkan dua kadar oktan yang berbeda dari masing masing jenis BBM dan hasilnya dibagi dua. Misal BBM dengan kadar Oktan 88 (Premium) + BBM kadar Oktan 92 (Pertamax) = 180 kandungan keduanya,kemudian dibagi 2 dan hasilnya didapatkan BBM dengan kadar oktan 90.

Dari perhitungan diatas dapat disumpulkan jika mencampurkan Pertamax dan Premium dengan perbandingan 1liter:1liter akan menghasilkan BBM dengan kadar oktan 90 yang hampir sama dengan kandungan pada Pertamax yang kadar oktannya 92. Jadi anda dapat menghemat sedikit biaya jika anda menerapkan metode diatas,dan mendapatkan BBM yang mendekati kualitas Pertamax.


Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencampur Pertamax dengan Premium? Saya sendiri sudah beberapa kali menerapkan metode ini dengan motor saya dan sampai sekarang tidak ada efek buruk dengan mesin motor saya. Untuk hasilnya saya rasakan lumayan berpengaruh dengan tarikan gas motor,mungkin karena kualitas BBM yang mendekati Pertamax. Metode pencampuran Premium dengan Pertamax diatas juga dibenarkan oleh ahlinya,jika tidak percaya cek disini trik mencampur premium dengan pertamax yang benar.

Baca juga artikel saya lainnya : komponen kaki-kaki mobil yang sering rusak

0 Response to "Cara Mencampur Pertamax dengan Premium"