POMPA BAHAN BAKAR MANUAL

POMPA BAHAN BAKAR MANUAL


pompa bahan bakar kijang 5k
Pompa Bahan Bakar Kijang 5K


Pompa Bensin Manual,apa fungsi dari pompa bensin yang sebenarnya? Pompa Bensin merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk membantu mengalirkan bahan bakar (bensin) dari tangki menuju ke karburator. Sama seperti mesin pompa air di rumah,yang berfungsi untuk mengalirkan air dari sumbernya sehingga dapat kita gunakan melalui keran air. Otomatis jika pompa bahan bakar ini rusak atau mati bensin tidak dapat teralirkan sehingga mobil tidak bisa untuk dihidupkan.


Sistem kerja pompa bahan bakar ini memanfaatkan putaran mesin,dalam hal ini pompa bensin manual terhubung dengan noken as. Letaknya sendiri berada menempel disamping blok mesin,biasanya disebelah kanan blok mesin. Bentuknya sendiri hampir sama setiap mobil yang masih menggunakan pompa bahan bakar manual. Mobil mobil yang menggunakan pompa bensin manual adalah mobil yang masih menggunakan mesin konvensional,seperti Mitsubishi COLT T120,Toyota 2K-5K,Daihatsu Hijet,Zebra 1.0,Feroza,dll.


Keuntungan menggunakan pompa bahan bakar (fuel pump) manual,mampu bertahan untuk waktu yang cukup lama (awet),tapi tergantung dari kualitas produk saat anda melakukan pergantian. Alngkah baiknya ganti komponen mobil anda menggunakan produk original pabrikan. Selain itu pompa bensin manual tahan terhadap air tidak seperi pompa bahan bakar elektrik yang menggunakan platina. Dan untuk pemasangannya sendiri relatif mudah,tidak memakan waktu lama untuk menggantinya.


Untuk harganya sendiri relatif lebih murah,terakhir saya membeli pompa bahan bakar untuk mobil kijang 5K dengan merek KYOSAN jepang harganya berkisar anatara +- Rp.215.000. Menurut saya kualitasnya cukup bagus karena saya sudah cukup lama memakai produk ini untuk semua jenis moil yang menggunakan pompa bensin manual. Dalam hal ini hanya untuk anda yang dompetnya tipis,tetapi jika anda mempunyai cukup uang untuk membeli produk original tidak saya sarankan.


Kerusakan yang sering terjadi pada pompa bensin manual adalah sistem kevacumannya sudah lembek,sehingga tidak dapat menghisap atau memompa dengan baik akibatnya bensin tidak dapat teralirkan dengan sempurna. Tetapi dalam kasus lain saya sering juga menjumpai pompa bahan bakar manual pada mobil Daihatsu feroza bocor,dari lubang ventilatornya mengeluarkan oli mesin yang cukup banyak. Meskipun pompa bahan bakar masih bekerja dengan baik tapi jika sudah menga;ami kebocoran seperti ini sebaiknya diganti dengan yang baru. Karena jika dibiarkan oli mesin akan berkurang terus dan akibatnya mobil dapat mengalami overheating karena kekurangan oli mesin.


Gejala yang ditimbulkan jika pompa bahan bakar manual rusak biasanya mobil menjadi susah hidup,untuk mengetesnya coba lepaskan selang dari pompa bahan bakar yang menuju kebensin,kemudian starter mobil (pastikan bensin masih ada/atau tidak habis di dalam tangki) jika bensin tidak keluar,atau keluar tapi setetes setetes dapat dipastikan pompa bensin rusak. Tetapi jika bensin keluar dan mengalir dengan deras mungkin ada kerusakan lain pada sistem bahan bakar atau pengapian.

GANTI FILTER BENSIN DAN POMPA BENSIN


fuel pump,fuel filter


Yang perlu diperhatikan lagi adalah ketika anda baru saja mengganti pompa bahan bakar dengan yang baru,periksa juga kondisi filter bahan bakar jika sudah kotor sebaiknya ganti juga dengan yang baru. Terkadang filter  bensin yang kotor juga dapat mengakibatkan kerusakan pada pompa bahan bakar mobil anda.


Akhir kata demikian yang dapat saya bagikan kepada anda semua,semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk saya khususnya dan untuk anda semua yang membacanya. Terimakasih atas perhatiannya sampai ketemu diartikel berikutnya.




0 Response to "POMPA BAHAN BAKAR MANUAL"