Lampu Rem Mobil Mati Apa Penyebabnya?

Lampu Rem Mobil Mati Apa Penyebabnya?

Lampu Rem Mobil Anda mati ini bisa sangat membahayakan diri anda dan juga orang lain. Karena pengendara lain yang sedang ada dibelakang anda tidak dapat mengetahui kapan anda akan berhenti tanpa adanya lampu rem. Jika sudah begini dapat memicu terjadinya kecelakaan yang bisa mengancam keselamatan anda dan juga pengendara lain dibelakang anda. Sebaiknya untuk mencegah seperti ini periksa dahulu semua lampu sebelum anda pergi berkendara.

Matinya lampu rem itu terjadi karena beberapa factor yang mempengaruhinya. Karena pada dasarnya rangkaian lampu rem ini terdiri dari beberapa komponen pendukung. Mulai dari Listrik sebagai sumber energinya,kabel sebagai penghantar arus listrik,switch rem sebagai pengatur mati dan hidupnya lampu,pitingan/vitingan bohlamp sebagai tempat (rumah) bohlamp,dan terakhir bohlamp. Untuk mengetahui penyebab matinya lampu rem kita harus memeriksa beberapa komponen yang saya sebutkan di atas.

Memeriksa penyebab matinya lampu rem

1.       Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa bohlampnya terlebih dahulu. Karena ini adalah kerusakan paling dasar pada komponen lampu rem. Jika bohlampnya mati kita tinggal menggantinya dengan yang baru. Tapi ingat ganti bohlamp sesuai ukurannya,untuk mobil keluarga umunya menggunakan ukuran bohlamp 12 volt.

2.       Tapi jika bohlamp sudah diperiksa dan bohlamp masih dalam kondisi baik (tidak putus) sementara lampu rem mati,kita perlu memeriksa switc remnya. Letak switc rem itu berada di depan pedal rem,karena cara kerjanya adalah jika pedal diinjak maka lampu menyala dan jika pedal rem dilepaskan maka lampu rem mati. Untuk memeriksa apakah switc rem dalam keadaan baik atau rusak,kita bisa menggunakan cara dengan menghubungkan dua buah kabel yang terhubung dengan switc rem. Pertama tam lepaskan dahulu kabelnya,kemudian hubungkan kedua buah kabel tersebut. Jika pada posisi dihubungkan lampu rem bisa menyala berarti switc remnya rusak.

3.       Keursakaan lampu rem juga bisa disebabkan oleh kabel yang terputus ditengah jalan. Jika kabel terputus otomatis arus listrik juga akan teputus dan lampu akhirnya mati. Telusuri dimana letak kabel terputus secara seksama,ini biasanya disebabkan ulah tikus yang nakal.

4.       Penyebab lampu rem mati lainnya biasanya disebabkan oleh pitingan bohlamp/dudukan bohlamp tempat dimana bohlamp diletakan. Biasanya rusak karena berkarat dan per atau pegas yang terdapat didalamnya itu macet atau bahkan hancur. Jika pitingan bohlamp berkarat ini menyebabkan massa atau ground tidak sempurna,jadi lampu tidak bisa hidup,walaupun hidup sinarnya kurang terang.

5.       Yang terakhir ini juga tidak kalah penting yaitu sekering atau fuse. Jika sekering putus maka lampu tidak bisa menyala. Kerusakaan pada sekering biasanya karena hubungan arus pendek yang terjadi pada kelistrikan mobil dalam hal ini adalah lampu rem.

Jika anda sudah mengetahui penyebab lampu rem mati silahkan lakukan pemeriksaan berdasarkan informasi diatas secara teliti. Dan semoga lampu rem mobil anda dapat berfungsi dengan baik lagi. Sehingga anda dapat kembali berkendara dengan nyaman dan selamat saat di jalanan.


Sekian tips dari saya,jika ada salah salah kata saya mohon maaf. Dan jangan lupa bagikan informasi ini jika menurut anda bermanfaat. Terimakasih sudah membaca artikel mengenai cara mengetahui lampu rem mobil mati. Walam, 

Baca juga informasi menarik lainnya

0 Response to "Lampu Rem Mobil Mati Apa Penyebabnya?"

wdcfawqafwef