V.Belt Mobil Tua Menyebabkan Bunyi Berisik


vbelt tua menyebabkan bunyi berisik
V.Belt atau sering disebut tali kipas merupakan komponen mobil yang berfungi untuk memutar kipas mesin, memutar alternator (dinamo ampere),memutar pompa power steering atas, dan memutar kompresor ac. Dari berbagai macam fungsinya diatas dapat disimpulkan jika v belt ini memiliki peran yang sangat penting. Dan jika sampai putus jelas ini sangat berpengaruh terhadap kinerja mobil.

Setiap mobil memiliki jenis dan ukuran v belt yang berbeda beda,ada yang panjang bergerigi menyamping,ada juga yang berbentuk bergerigi atau mempunyai alur sejajar. Contohnya seperti gambar di awal artikel ini.



Dan ada juga bentuk v belt yang biasa atau umum pada mobil standar seperti dibawah ini.
vbelt berisik


Apabila v belt ini rusak biasanya akan mengeluarkan bunyi yang berisik,bunyinya menyerupai bunyi tikus yaitu berderijit. Ini disbabkan karena v belt sudah retak atau pecah pecah dan jika dibiarkan saja bisa putus dengan sendirinya. Namun bunyi ini juga bisa disebabkan karena v belt kotor oleh debu dan mongering. Untuk menghilangkan bunyi seperti ini anda bisa mencoba menyiram v belt dengan air atau meberinya vet secukupnya. Ini dimaksutkan untuk menghilangkan bunyi pada v belt yang kering dan berdebu. Kekencangan v belt juga dapat mempengaruhi bunyi,v belt yang kendor biasanya akan berbunyi sama seperti v belt yang kering.

Saat mengganti v belt harus diusahakan ukurannya sama dengan bekasnya,karena jika tidak sama v belt tidak dapat dipasang,sekalipun bisa dipasang v belt tidak bisa distel kekencangannya. Jika v belt tidak bisa dikencangkan secara maksimal ini berpengaruh pada komponen yang akan diputar oleh v belt. Jika  v belt yang kendor ini terpasang pada alternator jelas akan berpengaruh pada system pengisian mobil. Kira kira seperti itu lah contoh jika kita salah memilih ukuran v belt saat menggantinya.

Agar tidak membahayakan anda suatu saat dijalanan sebaiknya ganti v belt dengan kualitas original terbaik. Suapaya anda tidak perlu khawatir v belt akan purus ditengah jalan. Harga parts originalnya juga tidak mahal sekitar 50 – 100 ribu sesuai dengan panjang ukurannya. Sangat murah jika dibanding dengan keselamatan dan kenyamanan anda berkendara.


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan,jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Terimakasih saya ucapkan kepada anda semua yang sudah membaca artikel saya yang berjudul V.Belt Tua Menyebabkan Bunyi Berisik. Wasalam 

0 Response to "V.Belt Mobil Tua Menyebabkan Bunyi Berisik"