Water Pump Mobil Dan Penjelasan Singkatnya

Water Pump adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk mengalirkan air dari radiator ke mesin dan sebaliknya. Mobil membutuhkan air untuk mendinginkan mesin selama proses pembakaran terjadi. Dan air yang berada di dalam mesin ini harus mengalir,supaya tidak mendidih di dalam mesin. Untuk mengalirkan air ini mobil memerlukan bantuan dari water pump. Jika air mendidih di dalam mesin dapat mengakibatkan overheating.


Water Pump Mobil Dan Penjelasan Singkatnya

Kerusakaan yang sering terjadi pada water pump yaitu masalah kebocoran. Ini disebabkan karena usia pemakaian yang cukup lama,sehingga bahan material dari water pump akan terkikis oleh air. Jika terjadi seperti ini maka water pump harus diganti supaya air tidak bocor dan mampu memasok kebutuhan air di dalam mesin untuk proses pendinginan. Selain kebocoran kerusakaan lain yang umum pada komponen mobil ini yaitu,masalah laher yang berada di dalamnya. Karean water pump mengandalkan putaran pada prinsip kerjanya,maka didalam komponen ini dilengkapi dengan laher atau bearing. Banyak contoh kasus yang saya hadapi,bahawa bearing atau laher yang terdapat di dalam water pump mudah sekali rusak. Efek yang ditimbulkan yaitu suara berisik dan bergemuruh di seputaran mobil bagian depan. Dan jika sudah parah dapat menyebabkan laher ambrol atau terlepas dan hancur.

Cara untuk mengecek laher water pump yaitu dengan melepas v belt yang terpasang pada pully water pump. Kemudian putar dengan tangan,dengarakan dana rasakan putaran water pump. Jika ada suara aneh yang ditimbulkan disertai putaran yang kasar atau tidak rata berarti laher atau bearing pada water pump ini sudah rusak. Namun sayang laher atau bearing water pump tidak bisa diganti,melainkan anda harus mengganti satu unit water pumpnya skaligus.

Cara merawat water pump sebetulnya tidak ada,hanya saja karena berhubungan dengan air maka anda harus selalu menjaga kebersihan air radiator. Sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan khusus radiator coolant. Dalam memilih cairan radiator coolant juga tidak boleh sembarangan,pilih kualitas terbaik,karena sekarang banyak beredar cairan radiator coolant kualitas buruk yang dijual murah. Efek dari kualitas cairan radiator yang buruk ini dapat mengakibatkan pengendapaan dari bahan bahan cairan radiator coolant yang tidak jelas. Ini dapat menyumbat lubang lubang radiator dan menghambat laju aliran air dari radiator menuju ke mesin.

Jangan lupa perhatikan juga kapasitas air di dalam radiator,jangan sampai kurang dari batas pengisian. Isi juga tabung penampungan air cadangan yang terhubung dengan radiator. Perhatikan juga tutup radiator atau cap radiator,kondisi cap radiator yang baik adalah yang mampu menutup rapat tekanan dari dalam radiator. Jika tutup radiator rusak dapat mengakibatkan air meluber atau muncrat keluar dari dalam radiator. Yang terakhir perlu diperhatikan adalah selang radiator,ada dua buah selang radiator atas dan bawah. Pastikan selang radiator tidak bocor supaya dapat mengalirkan air dengan baik dan tidak mengurangi kapasitas air pada radiator.


Dari artikel diatas saya harap anda dapat memahami maksut dari artikel yang saya buat ini. Dan semoga dapat menjadi gambaran dan meberikan informasi untuk anda yang belum mengetahui tentang water pump pada mobil. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan pesan dalam coment dibawah ini. Terimakasih saya ucapkan kepada anda yang sudah mau bekunjung ke blog Sakam Autoservice ini. Wasalam 

Baca Informasi Menarik lainnya :

0 Response to "Water Pump Mobil Dan Penjelasan Singkatnya"