Masalah Yang Sering Terjadi Pada Cylinder Head Mobil

CYLINDER HEAD MOBIL


Cylinder Head mobil adalah komponen yang penting berfungsi sebagai tempat aktifitas proses pembakaran. Serta tempat katup buang dan hisap bekerja, dan juga tempat busi untuk pengapian. Masing masing cylinder head memiliki jumlah katup yang berbeda beda,ada yang berjumlah 8 buah,12 buah,dan ada juga yang berjumlah 16 buah. Sesuai kebutuhan dan tekhnologi pada suatu kendaraan. Kali ini Seputar Mobil ingin membahas masalah yang sering terjadi pada cylinder head.

Pada umumnya semua jenis mobil memiliki kelemahan masing masing, khusunya pada komponennya. Dan kali ini komponen dan kelemahan yang yang akan dibahas adalah pada cylinder head mobil. Karena tugasnya yang sangat berat maka cylinder head sangat rentat pada kerusakan.

Berikut masalah yang sering terjadi pada cylinder head mobil :

1.       Katup Bocor
Katup atau klep pada cylinder head mobil dapat terjadi kebocoran karena aus. Jika ini terjadi pada  maka akan berpengaruh pada kompresi mobil, dimana efek yang ditimbulkan adalah tenaga mobil berasa berkurang. Ini bisa disebabkan katup yang sudah aus atau setting klep yang terdapat pada cylinder head yang aus karena berbenturan terus menerus dengan katup/klep.

2.       Cylinder Head Memuai
Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh mesin yang terlalu panas. Misal saat mesin kekurangan air pendingin atau kipas pendingin mesin mati. Jika sudah memuai maka oli dan air radiator akan bercampur, karena terjadi kebocoran antara cylinder head yang memuai dengan blok mesin. Sehingga air dapat masuk ke dalam lubang lubang oli dan sebaliknya. Makanya bagi anda pemilik mobil harus selalu rajin mengontrol kondisi air radiator mobil anda dan juga kipas pendingin, apalagi anda yang suka pergi jarak jauh menggunakan mobil. Untuk memperbaikinya permukaan cylinder head harus di ratakan kembali atau di slyp lagi menggunakan mesin bubut.

3.       Packing Cylinder Head Rusak
Meski cylinder head tidak memuai tapi oli dan air tetap saja bisa tercampur, ini biasanya disebabkan oleh packing cylinder head yang rusak. Mungkin karena pemakaian yang sudah cukup lama,atau kesalahan pada proses pemasangan sebelumnya. Jika sudah seperti ini harus segera diganti.

4.       Cylinder Head Retak
Kasus ini hampir sama penyebabnya dengan cylinder head yang memuai, biasanya disebabkan oleh panas mesin yang berlebihan karena kurangnya pendinginan pada mesin. Perhatian : jangan pernah sekali kali mengisi air radiator mobil yang habis karena bocor pada kondisi mesin masih panas, ini dapat mengakibatkan cylinder head memuai bahkan retak. Efeknya dapat mengakibatkan oli bercampur air dan kebocoran kompresi mesin.

Sebetulnya kerusakan seperti diatas banyak yang diakibatkan oleh kelalaian para pengguna mobil. Oleh sebab itu kita sebagai pengguna kendaraan harus selalu teliti untuk mengontrol segala macam kerusakaan mobil sekecil apapun. Agar mobil tidak rusak lebih parah yang memerlukan biaya besar untuk memperbaikinya. Sempatkan sedikit waktu untuk mengecek kondisi oli mesin,air radiator,lampu lampu, dan segala macam komponen yang penting disaat anda akan menggunakan kendaraan,dalam hal ini mobil tentunya.


Terimakasih sudah membaca artikel Seputar Mobil semoga dapat bermanfaat bagi semua. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan,dan jika ada saran silahkan berkomentar ria dibawah artikel ini. Jika menurut kalian bermanfaat silahkan bagikan kepada teman dan saudara yang membutuhkan. Sekali lagi terimakasih sudah mampir dan membaca artikel MasalahYang Sering Terjadi Pada Cylinder Head Mobil.

0 Response to "Masalah Yang Sering Terjadi Pada Cylinder Head Mobil"

wdcfawqafwef