Tanda Tanda dan Gejala ECU Mobil Rusak

tanda tanda dan gejala kerusakan ecu mobil
contoh ECU mobil
Tanda dan Gejala ECU Mobil Rusak, merupakan suatu pertanda yang sangat signifikan menunjukan jika terjadi kerusakan pada komponen mobil yang satu ini. ECU (Engine Control Unit) atau sering disebut juga ECM (Engine Control Module) adalah komputer mobil yang berfungsi mengatur dan mengontrol kinejra mesin mobil dengan berbagai macam sensor yang terdapat pada mesin mobil.

ECU terdapat pada mesin mobil EFI atau orang biasa menyebut mobil injeksi. Untuk bentuk dan letaknya bermacam macam sesuai jenis atau merek mobil itu sendiri. Namun kebanyakan mobil jepang letak ECU berada di bawah dashboard mobil bagian kiri. Bentuknya persegi panjang yang cukup tipis dan di dalamnya terdapat rangkaian elektronik dan software komputer.

Sebelum kita mengetahui gejala kerusakan pada ECU sebaiknya kita harus mengetahui fungsi utama dari ECU.  Hal ini dimaksutkan agar kita dapat mendeteksi apakah kerusakan tersebut terjadi pada ECU atau bukan. Berikut adalah fungsi dari ECU (Engine Control Unit).

Fungsi dari ECU (Engine Control Unit)

·         Mengatur campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar sesuai kebutuhan pada proses pembakaran.
·         Mengatur pengapian pada setiap langkah pembakaran.
·         Mengontrol putaran mesin saat stationer.
·         Mengatur kinerja AC mobil.
·         Mengatur dan mengontrol kinerja mesin secara keseluruhan.
·         Mendeteksi kerusakan pada masing masing komponen.

Itu lah tadi fungsi utama dari Engine Contro Unit,dilihat dari fungsi fungsinya kita dapat mendeteksi kerusakan mobil. Apakah kerusakan terjadi pada ECU atau bukan. Dan untuk membantu mengetahui kerusakan pada ECU secara mendetail kita memerlukan alat Engine Scanner Tools. Alat ini dapat membaca segala aktifitas kerja ECU secara detail sekali.

Namun Engine Scanner Tools tidak dapat mendeteksi kerusakaan pada mesin jika kondisi ECUnya rusak. Maka dari itu kita harus mengetahui gejala ECU rusak untuk membantu kita mendeteksi kerusakaan pada mobil. Berikut adalah gejala kerusakan ECU (Engine Control Unit) pada mobil.

Gejala kerusakan ECU (Engine Control Unit)

1.       ECU rusak dapat mengakibatkan mobil susah hidup.
2.       ECU rusak dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar boros.
3.       ECU rusak dapat mengakibatkan mesin tidak stationer (mesin menyendat nyendat).
4.       ECU rusak dapat mengakibatkan tenaga mesin berkurang.
5.       ECU rusak dapat mengakibatkan lampu ceck engine menyala terus atau bisa juga mati total.

Tadi adalah gejala gejala yang umunya terjadi jika ECU (Engine Control Unit) rusak. Tapi jika kita kurang yakin dengan diagnosa yang kita lakukan, sebaiknya bawa mobil anda ke bengkel mobil terpercaya yang sudah berpengalaman dengan mobil injeksi (EFI).
rangkaian kelistrikan ecu mobil
rangkaian kelistrikan ECU mobil
Lalu bagaimana kerusakan itu terjadi dan apa penyebabnya?
Kerusakaan ECU bisa saja terjadi karena faktor umur kendaraan yang sudah digunakan cukup lama dan daya tempuh kilometer yang sudah jauh. Tapi bisa juga karena kerusakaan dari dalam ECU itu sendiri,kerusakaan dari dalam biasanya terjadi karena ada komponen eltronik yang terbakar. Tapi ada juga yang rusak karena jamur yang menpel pada kaki kaki komponen elektronik ECU. Jamur bisa saja tumbuh di dalam rangkaian kelistrikan ECU karena memang letaknya di dalam yang sangat lembab.


Demikian artikel tentang Tanda Tanda dan Gejala ECU MobilRusak semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih

0 Response to "Tanda Tanda dan Gejala ECU Mobil Rusak"