Tips Merawat Aki Mobil Supaya Awet

tips merawat aki mobil supaya awet
Aki GS Premium


Tips merawat aki mobil supaya awet adalah sebuah cara untuk menjaga kondisi aki mobil supaya dapat bekerja lebih lama. Tidak jarang ada kasus mobil baru tetapi aki sudah tidak kuat untuk menstarter. Atau aki baru tapi hanya bertahan kurang dari satu tahun pemakaian. Pada umumnya umur pemakaian aki seharusnya dapat bertahan sampai dua tahun bahkan lebih. Jika aki tidak bertahan sampai umur dua tahun dari waktu awal pemasangan berarti ada suatu penyebabnya. Atau mungkin cacat dari pabrikan.

 Untuk menjaga umur aki harus dilakukan perawatan secara berkala. Dan pada kesempatan kali ini, Seputar Mobil akan memberikan tips atau cara untuk merawat aki mobil agar lebih awet.

Merawat Aki Mobil Supaya Panjang Umur

1.       Cek volume/ketinggian kapasitas elektrolite atau air aki.
Elektrolite atau air aki sebaiknya tidak boleh melebihi atau kurang dari batas maksimum. Untuk itu lakukan pengecekan secara rutin volume air aki, jika kurang tambahkan air aki sampai batas maksimum. Penyebab air aki berkurang adalah karena adanya penguapan, dinding aki bocor dan sell aki yang rusak.

2.       Cek kepala aki atau terminal postitf (+) dan negatif (-) dari jamur.
Pada kepala aki atau terminal baik itu positif atau negatif terdapat klem yang menghubungkan kabel kelistrikan dengan aki. Biasanya untuk aki yang sudah berumur cukup lama muncul jamur atau kerak pada terminal aki. Jika muncul jamur seperti ini sebaiknya segera dibersihkan. Dengan cara menyiramnya dengan air panas kemudian bersihkan dengan kuas atau sikat kawat yang halus, jangan yang kasar agar tidak merusak kepala aki.

3.       Cek klem aki pada terminal positif (+) dan negatif (-).
Masih seputar klem aki pada terminal positif dan negatif, namun kali ini yang perlu di cek adalah kekencangannya. Klem aki yang kendor dapat mengakibatkan aki tekor karena ada arus listrik yang besar yang terbuang dari klem aki yang kendor. Kencangkan secukupnya, jangan terlalu kuat dapat mengakibatkan klem aki pecah.

4.       Jangan membuang listrik aki percuma.
Maksut dari membuang listrik aki percuma adalah jangan menyalakan lampu, audio, atau aksesoris mobil apapun yang menggunakan listrik aki, saat kondisi mesin mobil mati. Jika hal seperti disebutkan tadi dilakukan secara terus menerus, akan menyebabkan aki mobil tekor dan memperpendek umur pemakaian aki mobil.

5.       Panaskan mobil secara rutin.
Untuk mobil yang jarang digunakan dalam waktu lama, sebaiknya panaskan mobil dengan menghidupkan mesin beberapa menit. Hal ini dimaksudkan agar arus listrik dalam aki tidak hilang karena selalu disuplay oleh alternator (dinamo ampere).

Semoga dengan melakukan perawatan aki secara rutin seperti disebutkan di atas mampu menjaga kondisi aki mobil kita menjadi lebih tahan lama. Sayangkan kalau harus mengganti aki baru yang harganya tidak sedikit gara gara kelalaian dari diri kita sendiri.


Untuk harga aki bermacam macam mulai dari 460 – 1juta sesuai merek dan ukuran ampere aki. Tips di atas sangat cocok untuk merawat aki mobil tipe basah (aki yang menggunakan elektrolite/air aki). Semoga tips tentang caramerawat aki mobil supaya awet, dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih 

0 Response to "Tips Merawat Aki Mobil Supaya Awet"

wdcfawqafwef