Cara Menjumper Aki Mobil Yang Tekor

Menjumper aki atau menghidupkan mobil dengan bantuan aki lain karena aki mobil yang terpasang tidak kuat untuk menstaster mobil tersebut. Adalah salah satu cara yang lebih efisien dan hemat tenaga dari pada harus mendorong mobil. Namun syarat mutlaknya adalah harus ada satu aki lagi yang digunakan sebagai bantuan daya listrik untuk menstater mobil.

Cara Menjumper Aki Mobil Yang Tekor

Alat yang diperlukan untuk menjumper aki mobil sangat simpel, anda hanya perlu menyediakan :

1.     Aki Mobil (Daya Listriknya masih Full,supaya kuat untuk menjumper)
2.      Kabel Jumper (sebagai penghubung aki)

Setelah semua alat sudah tersedia, sekarang yang perlu diperhatikan adalah langkah langkahnya. Dalam hal ini kita harus hati hati supaya tidak terjadi korsleting.


Langkah Langkah Menjumper Aki Mobil :

1.      Siapkan Aki yang listriknya masih full bisa untuk menstater mobil.
2.       Siapkan kabel jumper.
3.       Hubungkan terminal positif Aki dengan terminal positif Aki yang satu nya menggunakan kabel jumper, dan terminal negatif dengan terminal negatif yang satunya juga atau bisa juga menghubungkan terminal negatif aki dengan blok mesin mobil yang dijumper. Jangan sampai terbalik negatif dengan positif (korsleting).
4.       Pastikan kabel jumper terpasang dengan benar dan kencang.
5.       Saatnya menstarter mobil sampai mesin hidup, tunggu sampai mesin stationer.
6.       Jika mesin mobil sudah hidup dengan stabil, lepas kembali kabel jumper. Lepas secara hati hati, lepas satu persatu kabel negatif dan positifnya.
7.       Selesai.

Cukup mudahkan cara menjumper aki mobil? Meskipun mudah kita tetap harus hati hati dalam melakukannya, karena ini berhubungan dengan kelistrikan mobil yang bisa saja terjadi korsleting jika terjadi kesalahan kecil.

Mobil yang perlu dijumper adalah mobil yang aki nya memang sudah tidak kuat untuk menstater mesin mobil. Pastikan memang aki nya bukan masalah lain seperti pengapian atau sistem bahan bakar yang menyebabkan mobil susah hidup.


Penyebab aki tekor biasanya karena kondisi aki yang sudah rusak,umur aki sudah lama, atau bisa juga karena kerusakan pada dinamo ampere (dinamo pengisian). Lakukan perawatan secara berkala pada aki supaya tidakmudah tekor.

0 Response to "Cara Menjumper Aki Mobil Yang Tekor"