Cara Service Karburator Mobil Sendiri

cara service karburator mobil sendiri

Karburator,komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar untuk pembakaran. Meskipun sekarang sudah jamannya mobil dengan sistem Injeksi, tapi ternyata masih banyak juga mobil dengan sistem karburator yang beredar di Indonesia. Seperti mobil Suzuki Carry, Mitsubishi T120SS, Honda Civic Wonder, Toyota Corrola 1970, kijang dan masih banyak lainnya.

Melihat dari tahun pembuatannya yang sudah cukup lama, dapat dipastikan mobil mobil yang saya sebutkan tadi pasti pernah mengalami kendala pada sistem karburatornya. Biasanya kerusakan kerusakan pada karburator disebabkan karena kotoran yang mengendap terbawa oleh bensin. Dan bisa juga komponen komponen di dalam karburator seperti spuyer sudah aus.

Saat akan memberishkan karburator sebaiknya harus dibongkar secara keseluruhan. Lepas semua komponen didalamnya. Bersihkan lubang lubang saluran bahan bakar dan udara dari kotoran yang melekat. Semprotkan cairan khusus carburator cleaner untuk hasil yang maksimal. Cuci atau bilas dengan bensin sampai bersih, kemudian semprot menggunakan kompresor untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan mengeringkan karburator.

Setelah semuanya kering lakukan perakitan atau pemasangan kembali, perhatikan juga packing atau perpak yang ada, jika ada yang rusak atau robek sebaiknya ganti. Jika semua sudah terpasang dengan sempurna saatnya memasang kembali karburator pada mobil (manifold).

cara service karburator mobil sendiri di rumah

Lakukan penyetelan RPM, Idle dan Idle Up karburator

1.       Idle Up, pertama nyalakan mesin lalu kendorkan terlebih dahulu sekrup Idle Up, nyalakan AC. Kendorkan sekrup Idle Up sanpai tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.

2.       RPM mesin,yang kedua kendorkan sekrup RPM mesin sampai turun RPM nya atau sampai kira kira mesin tidak mati.

3.       Idle ( Campuran Bahan Bakar dan Udara ), putar sekrup Idle ke kiri sampai kira kira mesin hampir mati. Kemudian putar kembali ke kanan pelan pelan saja, cari RPM tertinggi soalnya pada posisi ini terjadi campuran bahan bakar dan udara paling baik.

4.       Jika sudah menemukan RPM terbaik, sekarang stel kembali sekrup RPM mesin (gas). Cari RPM terbaik antara 700 – 900 RPM jangan terlalu kecil agar mesin tidak mudah mati sendiri.

5.       Setelah itu lakukan penyetelan kembali pada sekrup Idle Up Ac. Stel sesuaikan dengan RPM mesin antara 900 – 1000 RPM. Matikan AC lihat hasilnya apakah sudah pas RPM yang di inginkan. Jika belum, lakukan penyetlan sampai menemukan RPM yang kita inginkan.

Setelah semua proses penyetelan selesai jangan lupa bersihkan filter bahan bakar serta filter udara/ saringan udara. Jika semua sudah beres rapihkan dan mobil siap untuk dipakai di jalanan.


Sekian artikel tentang Karburator semoga dapat bermanfaat untuk kita semua pecinta otomotif Indonesia. Terimakasih sudah membaca.

0 Response to "Cara Service Karburator Mobil Sendiri"

wdcfawqafwef