Engine Mounting Mobil Dan Gejala Kerusakaannya

engine mounting mobil dan gejala kerusakaannya

Engine Mounting atau ada yang menyebutnya dengan dudukan mesin, adalah komponen mobil yang berupa karet dan dilapisi dengan besi. Fungsi dari Engine Mounting adalah untuk mengaiktkan Mesin dengan Chasis atau body mobil. Serta bekerja untuk meredam getaran mesin saat hidup.

Pada sebuah mobil terdapat dua sampai empat buah Engine Mounting. Untuk mobil dengan mesin berpenggerak roda belakang biasanya terdapat dua buah Engine Mounting. Seperti contoh mobil Avanza, Terios, Kijang, T120SS, Carry, dll. Sedangkan mobil dengan penggerak roda depan biasanya terdapat tiga buah Engine Mounting ditambah satu buah Trans Mounting (dudukan Transmisi).

Kerusakaan pada Engine Mounting terjadi akibat umur pemakaian yang sudah lama. Biasanya terlihat retakan retakan pada karet dari Engine Mounting. Yang seiring berjalannya waktu akan robek dengan sendirinya. Untuk kita yang selalu merawat kendaraannya pasti akan paham dengan kerusakaan seperti itu. Tapi untuk orang yang tidak merawat mobilnya dengan baik, yang tidak akan peduli dengan kondisi mobil selama masih dapat berjalan pasti tidak akan paham dengan gejala gejala kerusakan mobil seperti itu.

Berikut akan saya berikan sedikit gambaran seperti apa gejala kerusakan Engine Mounting pada Mobil.

Gejala Kerusakan Engine Mounting


  • ·         Saat pertama kali kita menghidupkan mobil akan terdengar bunyi gluduk/gludug pada bagian mobil seperti ada hentakan.


  • ·         Saat mobil melaju di jalanan yang rusak akan terasa getaran dan disertai bunyi gludug gludug pada bagian mesin mobil.


  • ·         Saat mesin hidup perhatikan dengan teliti mesin akan bergetar lebih keras dari biasanya.


  • ·         Saat melepaskan kopling pada perpindahan gigi, terasa sedikit hentakan atau goyangan pada bagian mesin disertai bunyi dug dug.


  • ·         Jika kerusakaan Engine Mounting sudah parah juga akan terasa sekali saat kita melepaskan gas, akan terasa getaran disertai bunyi dug dug pada mesin.

Jika sudah muncul gejala gejala seperti diatas sebaiknya lakukan pemeriksaan sesegera mungkin. Dengan cara melihatnya apakah Engine Mounting benar benar rusak atau tidak, atau karet Engine Mounting robek atau tidak.

Untuk mobil dengan penggerak roda belakang yang memiliki dua buah Engine Mounting, letaknya terdapat dibagian bawah kanan dan kiri mesin. Sedangkan untuk mobil dengan penggerak roda depan terdapat dibagian samping kanan/kiri serta depan dan belakang mesin. Periksa dengan teliti dan secara hati hati.

Untuk harga Engine Mounting bermacam macam sesuai dengan jenis kendaraan atau merek mobil. Jika dibuat rata rata berkisar antara 100 – 400 ribu rupiah sesuai jenis kendaraan dan merek mobil serta kualitas barang.


CATATAN : “jangan lupa periksa juga kondisi Trans Mounting karena kerusakaan dan gejalnya hampir sama dengan Engine Mounting”.

0 Response to "Engine Mounting Mobil Dan Gejala Kerusakaannya"

wdcfawqafwef