Kenapa Sekring Mobil Sering Putus

sekring mobil sering putus

Sekring atau Fuse pada mobil berfungsi untuk memutuskan arus saat terjadi korsleting/hubungan pendek arus listrik. Setiap komponen kelistrikan mobil harus diberi sekring supaya dapat mencegah kerusakaan yang lebih parah saat terjadi korsleting pada kelistrikan mobil.

Penyebab sekring mobil cepat putus biasanya karena arus berlebihan/terlalu besar saat melewati sekring. Misalnya terjadi korsleting pada lampu besar/ terjadi hubungan singkat antara kabel positif lampu dengan kabel negatif, otomatis pada saat itu juga sekring akan putus.

Yang perlu diperhatikan dalam penggantian sekring yang telah putus. Ganti sesuai ukuran ampere yang terletak pada cover fuse box (kotak sikring). Jika sekring yang putus berukuran 25 ampere usahakan diganti dengan ukuran yang sama. Karena jika diganti dengan ukuran yang tidak sama bahkan yang lebih kecil akan percuma saja. Sekring yang lebih kecil ukuran ampere nya justru akan semakin boros / cepat putus.

kenapa sekring mobil sering putus

Ukuran ampere sekring disesuaikan dengan kebutuhan arus yang melewati sekring tersebut. Misal sekring untuk dinamo / motor stater pasti berbeda dengan ukuran sekring stop lamp (lampu belakang). Pilih sekring dengan kualitas yang bagus. Ciri ciri sekring berkualitas bagus adalah plat sekringnya lebih tebal dan lebih tahan dengan panas.

Ada beberapa jenis sekring menurut bentuknya, ada yang berbentuk tabung/silinder biasa disebut sekring tabung. Ada juga sekring gepeng yang cara memasangnya di tanjap kan, biasa disebut sekring tanjap. Sekring tanjap juga ada dua jenis ada yang besar dan ada yang kecil. Terus ada lagi sekring tanjap tapi tidak gepeng plastiknya berbentuk persegi, ini biasa terdapat pada mobil EFI atau injeksi.

0 Response to "Kenapa Sekring Mobil Sering Putus"