Mobil Suzuki Apv Menyendat Saat Di Tarik Gas

masalah seputar mobil suzuki apv

Suzuki Apv, mobil keluarga yang cukup laris di Indonesia. Pada kesempatan kali ini Seputar Mobil akan sedikit bercerita mengenai masalah mobil Apv yang tersendat sendat saat ditarik gas. Jadi gejala seperti ini biasanya akan sangat berasa saat kita menginjak pedal gas mobil secara sepontan. Yang harusnya mobil akan melaju secara responsif tapi ini seperti ada beban pada mesin mobil.

Kalau gejala seperti ini biasanya terjadi pada sistem pengapiannya, karena Apv adalah sudah termasuk mobil EFI atau Injeksi. Maka yang perlu dicek sistem pengapiannya adalah busi dan koil nya terlebih dahulu.

Pertama lepas busi mobil Apv, cek secara fisik apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Busi yang masih bagus memiliki ciri ciri fisik, ujung elektroda masih panjang, kerak karbon hasil pembakaran sedikit yang menempel, tidak ada retak retak pada fisik busi tersebut. Ukur juga celah busi, ukuran standar biasanya sekitar 0,8 – 1,0 milimeter.

Yang kedua cek koil mobil Apv, kita bisa mengecek secara manual dengan cara meminjam koil dari mobil apv lain untuk mengetesnya. Setelah koil pinjaman dipasangkan coba di test saat melaju apakah masih ada gejala tersendat sendat atau tidak. Jika tidak ada berarti koil mobil kita yang sudah rusak. Catatan : koil mobil yang dipinjam harus yang masih bagus!

masalah koil mobil suzuki apv

Yang perlu diperhatikan juga adalah kabel busi/kabel tegangan tinggi. Kabel busi juga dapat berpengaruh pada performa mesin jika dalam kondisi tidak layak pakai. Kerusakan pada kabel busi biasanya karena terdapat jamur yang mengerak pada ujungnya. Ujung kabel busi yang menghubungkan koil dengan busi bisa saja berkerak karena lembab. Jamur yang mengerak juga dapat mengakibatkan kabel busi putus tanpa kita ketahui.

Sekedar info saja, untuk harga koil mobil Apv original berkisar antara 350ribu di daerah Cilacap. Beberapa waktu lalu kebetulan saya baru membelinya untuk mobil suzuki APV.


Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk kita semua, terimakasih sudah membaca. Saya harap anda berkenan memberikan saran dan komentnya. Terimakasih.