Pengaruh Busi Pada Performa Mobil

pengaruh busi pada performa mobil

Busi pada kendaraan adalah sebuah komponen pengapian yang membantu proses pembakaran. Letaknya terdapat pada cylinder head baik motor atau mobil. Pada proses pembakaran busi bekerja memercikan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.

Dari penjelasan diatas berarti sudah sangat jelas jika busi memang sangat berpengaruh sekali dengan performa mesin. Bayangkan jika busi tidak memercikan bunga api, berarti tidak terjadi pembakaran pada campuran udara dan bahan bakar. Meski jarang sekali terjadi busi tidak memercikan bunga api, kecuali jika basah terkena oli.

Pengaruh busi pada performa mobil bisa berdampak mesin mobil mbrebet dan tersendat sendat. Ini diakibatkan karena busi tidak memercikan bunga api secara fokus. Yang harusnya memercikan bunga api lurus, tapi karena kerak yang terdapat disekitaran elektroda busi mengakibatkan percikan bunga api kesamping dan biasanya lebih kecil.

Busi yang basah karena oli mesin juga dapat mengakibatkan mesin tidak stationer, atau orang sering menyebutnya dengan mesin pincang. Kenapa bisa pincang, karena salah satu busi ada yang basah terkena oli mesin yang terbawa oleh ring piston yang sudah aus. Karena mobil memiliki jumlah busi lebih dari satu sehingga mobil masih bisa hidup meski pincang. Tapi lain cerita jika hal ini terjadi pada sepeda motor yang hanya memiliki satu busi.

Untuk menjaga performa mesin mobil sebaiknya lakukan pengecekan pada busi setiap saat, jika sudah merasakan gejala gejala mesin mbrebet atau menyendat nyendat. Cek kondisi busi, bersihkan elektroda busi dari kerak yang menempel, ukur kembali celah busi sekitar 0,8 – 1,0 milimeter. Jika elektroda busi sudah tipis dan kerak yang menempel sudah sangat banyak sebaiknya ganti dengan yang baru. Ganti sesuai spesifikasi mobil (standar pabrikan).

Gejala gejala yang disebabkan busi sudah tidak baik seperti, mobil menyendat nyendat saat ditarik gas, mesin mobil tidak stationer (pincang), mobil menyendat saat ditanjakan, dan tenaga mobil berkurang.


Gantilah busi dengan kualitas terbaik, dalam hal ini saya sarankan produk busi dari denso dan NGK yang sudah saya buktikan sendiri. 

0 Response to "Pengaruh Busi Pada Performa Mobil"