Power Window Mobil Macet Apa Penyebabnya?

kerusakan pada power window

Sakam AutoservicePower Window,adalah sebuah perangkat elektronik pada mobil yang berfungsi untuk menaik turunkan kaca pintu mobil. Rata rata mobil keluaran terbaru sekarang sudah dilengkapi dengan perangkat ini,kecuali mobil yang katanya harganya murah itu ada yang belum dilengkapi dengan power window. Untuk mobil yang belum menggunakan power window,tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak jasa pemasangan power window.

apa penyebab power window mobil macet
Kelebihan dari power window,kita tidak perlu susah payah menaik turunkan kaca dengan putaran kaca manual yang memang sedikit ribet. Tapi ada juga kelemahan dari power window ini,karena merupakan perangkat elektrik jadi sangat rawan dengan kerusakan. Jika sudah rusak power window tidak dapat digunakan,bisa tiba tiba macet begitu saja padahal kaca pintu mobil belum tertutup rapat.

Lalu kerusakaan apa saja kah yang dapat menyebabkan power window mobil kita macet? Langsung saja kita bahas bersama sama.

Sikring (Fuse),karena power window merupakan perangkat elektrik sudah pasti menggunakan sekring supaya tidak terjadi kerusakan fatal saat adanya korsleting listrik mobil. Jika sekring power window putus,maka menyebabkan semua perangkat power window tidak dapat bekerja. Jadi kerusakaan terjadi pada semua power window di masing masing pintu mobil,baik depan atau belakang,samping kanan atau pun samping kiri.

Saklar Power Window,kerusakan pada saklar power window sering terjadi akibat korsleting mengakibatkan saklar terbakar. Bisa juga saklar rusak karena plastik pada bagian dalam saklar sudah aus,sehingga saklar power window tidak dapat bekerja dengan maksimal. Jika saklar power window rusak,maka kaca pintu tidak dapat dinaikan hanya pada pintu yang saklar power windownya rusak. Jadi tidak menyeluruh pada semua pintu mobil yang terdapat saklar power widownya.
power window mobil macet apa penyebabnya?

Motor Power Window,sering disebut juga Dinamo Power Window terdapat pada bagian dalam pintu mobil atau dibalik door trim mobil. Fungsinya untuk menggerakan regulator kaca sehingga dapat bergerak naik dan turun. Kerusakaan yang sering terjadi pada komponen ini adalah terbakarnya kumparan tembaga dinamo power window akibat korsleting. Namun ada juga kasus,power window macet gara gara gigi pemutar pada motor power window sudah aus.

Regulator Kaca Pintu,komponen ini berfungsi untuk menggerakan kaca naik dan turun dibantu oleh dinamo/motoran power window. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini akibat gerigi geriginya sudah aus,sehingga tidak dapat bekerja maksimal. Tapi bisa juga disebabkan karena dudukan kaca yang terdapat pada regulator kaca terlepas. Akibatnya saat regulator bekerja naik dan turun,kaca tidak tidak bergerak sama sekali. Regulator kaca juga terdapat pada mobil dengan penggerak kaca pintu manual.

Beberapa komponen power window yang dapat menyebabkan kaca pintu macet diatas adalah sebagian dari contoh kasus yang sering terjadi. Dan terkadang prediksi kita tidak sama dengan kenyataan yang ada,maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus memperbaiki mobil pada bengkel khusus yang menangani power window mobil.


Demikian artikel tentang power window mobil,semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Power Window Mobil Macet Apa Penyebabnya?