Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel

tips merawat mobil bermesin diesel

Sakam AutoserviceMerawat mobil dengan mesin diesel sebetulnya hampir sama dengan mobil bermesin bensin. Bahkan relatif lebih mudah,dikarenakan mobil dengan mesin diesel lebih simpel dari pada mesin bensin. Kalau pada mobil dengan mesin bensin terdapat komponen pengapian seperti busi,ini tidak berlaku untuk mobil bermesin diesel.

Kalau dulu mobil dengan mesin diesel identik hanya mobil mobil besar seperti truk dan bus. Sedangkan sekarang sudah banyak sekali mobil mobil terbaru yang menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya. Bahakan sudah dilengkapi teknologi canggih yang tidak kalah dengan mobil bermesin bensin dengan teknologi Injeksinya.

Meskipun lebih simpel,yang namanya mobil tetap harus diberikan perawatan secara rutin. Apalagi jika ini adalah kendaraan pribadi kita yang selalu dipakai setiap hari. Langsung saja kita bahas bersama bagaimana cara merawat mobil bermesin diesel.

cara merawat mobil mesin diesel


·         Ganti oli mesin secara rutin, pada semua jenis kendaraan bermotor yang namanya oli mesin itu sangat penting. Jika oli mesin sudah melampaui umur pemakaian harus segera diganti. Untuk patokan oli mesin bisa dengan menggantinya setiap 5.000 km, atau bisa juga setiap sebulan sekali. Perhatikan juga jenis oli,tingkat kekentalan oli mesin berbeda beda,pilih oli sesuai rekomendasi pabrikan mobil anda. Isikan oli mesin sesuai batas maksimum,tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Kapasitas oli mesin mobil diesel bermacam macam tergantung berapa cc mobil tersebut.

·         Ganti Saringan Oli (Filter Oli),selain oli mesin,filter oli juga perlu diganti agar oli mesin lebih terjaga kualitasnya. Aturan penggantian filter oli dapat dilakukan setiap tiga kali ganti oli mesin. Atau dengan perbandingan 3:1,jadi setiap 3x mengganti oli mesin usahakan saat itu juga sekalian mengganti filter oli.

·         Ganti Saringan Bahan Bakar (Filter Solar),sama seperti filter oli,fungsi dari filter solar atau saringan bahan bakar adalah untuk menjaga kualitas bahan bakar,dalam hal ini solar. Dengan adanya filter solar kualitas bahan bakar akan selalu bersih,ini juga berpengaruh pada performa kendaraan diesel kita. Untuk aturan penggantiannya tidak ada aturan pasti,tapi semakin sering semakin baik. Misalnya sebulan sekali,atau dua bulan sekali. Bisa juga setiap sebulan sekali dikontrol terlebih dahulu,jika hanya sedikit kotor bisa dibersihkan saja. Caranya dengan mencuci atau menguras kotoran pada filter solar dengan menggunakan bensin,kemudian semprot dengan kompresor. INGAT : hanya dengan bensin untuk mencucinya,jangan mencuci saringan bahan bakar dengan Air.

·         Perhatikan selang bahan bakar. Selang atau slang bahan bakar ini sangat penting dalam semua kendaraan apalagi pada mesin diesel. Jika slang bahan bakar bocor maka dapat menyebabkan mobil diesel kita masuk angin. Mobil akan tersendat sendat saat berjalan,fatalnya bisa tiba tiba mogok dan susah dihidupkan kembali.

·         Usahakan tanki bahan bakar jangan sampai kehabisan solar. Ini penting,jangan dibiasakan membiarkan tanki bahan bakar kosong. Karena ruang kosong di dalam tanki akan terisi oleh udara yang menyebabkan embun pada dinding tanki bahan bakar. Jika ini sering terjadi lama kelamaan dinding tanki akan berkarat. Karat pada dinding tanki dapat tercampur dengan bahan bakar solar terbawa ke slang dan filter yang dapat menyumbat aliran bahan bakar keruang bakar.

·         Perhatikan kebersihan Saringan Udara (filter udara),mobil diesel membutuhkan pasokan udara lebih besar dari mobil bensin. Untuk menjaga performa mobil agar selalu baik,perhatikan kebersihan saringan udara. Jika sudah tidak layak segeralah diganti.

·         Pilih Bahan Bakar Solar kualitas terbaik, meskipun bahan bakar dengan kualitas baik lebih mahal tapi tidak ada salahnya untuk menjaga performa mesin. Karena bahan bakar yang baik jauh lebih bersih dan aman dikonsumsi mobil kita.


Sebetulnya masih banyak tips untuk merawat mobil diesel,tapi untuk tips dasar yang dapat kita lakukan sendiri di rumah saya kira sudah cukup. Dari sekian tips diatas silahkan dipraktekan pada kendaraan kita masing masing dan rasakan hasilnya. Saya berani menjamin jika semua tips diatas dilakukan secara teratur,umur mesin mobil diesel kita akan jauh lebih awet dan tahan lama.

0 Response to "Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel"

wdcfawqafwef