Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil

Memiliki mobil yang irit menjadi idaman semua orang, apalagi mereka yang selalu beraktifitas menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi setiap hari. Sebetulnya tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan itu juga dipengaruhi dari seberapa besar kapasitas mesin mobil itu sendiri. Semakin besar cc sebuah mobil, maka semakin boros juga mobil itu terhadap bahan bakar.

Di jaman yang sudah canggih seperti sekarang, mobil sudah banyak yang menerapkan teknologi canggih untuk merubah sistem pembakaran yang lebih efisien. Seperti contoh sistem Injeksi yang diterapkan pada beberapa mobil keluaran terbaru. Dengan sistem injeksi sebuah kendaraan dapat menekan tingkat konsumsi bahan bakar, tetapi tetap mendapatkan performa terbaik pada kendaraan tersebut.
Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil

Borosnya sebuah mobil juga dipengaruhi oleh pola berkendara dari sopir atau pengguna kendaraan. Jika tidak memeprhatikan dan menerapkan pola berkendara yang benar maka konsumsi bahan bakar tetap saja tinggi walaupun sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi.

Dengan menerapkan kebiasaan berkendara yang baik dan benar, kita dapat menghemat konsumsi bahan bakar mobil kita. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut akan saya jelaskan.

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil


Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mobil

Untuk hal yang paling dasar, sebelum menggunakan mobil kita diharuskan untuk memanaskan mobil dalam beberapa saat saja. Bahkan untuk mobil dengan sistem injeksi hanya dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih satu menit sudah dapat digunakan.  Namanya juga mobil canggih cukup satu menit juga sudah cukup untuk berjalan jalan. Ngapain lama lama, Cuma buang buang bensin saja.


Kecepatan dan Jarak Aman Mobil

Saat berkendara sebaiknya kita jangan terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak. Karena ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, pada saat kecepatan tinggi dan tiba tiba kita melakukan pengereman secara tiba tiba, lalu menginjak gas kembali maka konsumsi bahan bakar meningkat drastis. Disarankan utuk melakukan pengeraman secara halus, caranya adalah dengan menjaga jarak aman kendaraan. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan kita. Tetap fokus dan jaga jarak pandang kita saat berkendara.


Akselerasi Berkendara

Ini juga perlu diperhatikan, cara kita menginjak pedal gas yang benar adalah secara halus. Untuk menambah akselerasi terkadang seorang pengendara menginjak gas secara spontan pada kecepatan tertinggi, ini tidak dibenarkan jika kita ingin menghemat konsumsi bahan bakar. Posisi percepatan transmisi juga berpengaruh dalam hal ini, usahakan saat kita menginjak pedal gas pada kecepatan tinggi harus sebanding juga dengan perpindahan percepataan pada gigi paling tinggi. Bahasanya biar mobil tidak ngeden. Oleh karena itu kita harus pintar pintar mengatur kebiasaan menginjak pedal gas dengan posisi percepatan transmisi.


Manfaatkan Kondisi Jalanan

Untuk menghemat bahan bakar kita harus pintar pintar memanfaatkan kondisi jalanan. Seperti saat kita melewati tanjakan kita harus memindahkan percepatan transmisi percepatan yang lebih rendah. Lakukan ancang ancang sebelum memasuki tanjakan agar mobil dapat menanjak dengan lancar dan jangan sampai telat memindahkan gigi transmisi ke posisi yang lebih rendah. Selain tanjakan juga ada trik menghemat bahan bakar saat di jalan yang menurun. Saat kita melewati jalan yang menurun jangan terlalu sering menginjak pedal rem. Cukup dengan mengurangi kecepatan dengan teknik engine brake. Kemudian kita bisa juga memanfaatkan kondisi jalan yang menikung, caranya dengan melepas injakan pada pedal gas saat memasuki tikungan. Kemudian baru kita injak pedal gas lagi sesudah mobil sepenuhnya melewati tikungan. Tapi disini mobil harus dalam kecepatan stabil, dimana dalam kecepatan itu kita masih mungkin bisa melewati tikungan tanpa menginjak pedal gas.

Dengan menerapkan beberapa trik di atas, pasti ada perubahan atau dapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang boros. Mungkin sedikit susah tapi jika dilakukan secara rutin dengan hati hati pasti ada hasil yang kita dapatkan.


Demikian artikel tentang  Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih sudah membaca.


Baca Juga : Cara Mengatasi gangguan Pada Ac Mobil

0 Response to "Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil"