Ini Dia Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

Apa kabar sobat otolovers? Semoga baik semua yah,amin. Kembali lagi bersama Sakam Autoservice, blog sederhana yang membahas seputar dunia otomotif dan tips ringan tentang mobil. Langsung saja seperti judul yang saya tuliskan, kali ini kita akan membahas tentang penyebab ban mobil cepat aus.

Ban merupakan salah satu komponen penting bagi sebuah kendaraan, baik itu mobil atau pun motor. Ban juga menjadi faktor keselamatan bagi pengendara, kondisi ban yang tidak baik dapat menyebabkan kecelakaan dijalan. Sudah banyak contoh kasus, dimana mobil terguling karena ban mendadak meledak dijalan.

Untuk itu kita harus benar benar memperhatikan komponen mobil yang satu ini. Dan demi menjaga keselamatan sobat sendiri, alangkah baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu penyebab ban mobil cepat aus. Baiklah tidak usah panjang lebar lagi langsung saja kita bahas bersama sama.


Ini Dia Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

4 Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

Tekanan Angin
Yang pertama mempengaruhi ban mobil cepat aus adalah tekanan angin pada ban tersebut tidak pas atau tidak sesuai dengan anjuran pabrikan mobil itu sendiri. Padahal setiap mobil sudah diberikan petunjuk ukuran tekanan angin untuk masing masing mobil dibalik pintu supir. Sobat jangan malas untuk sekedar memeriksa tekanan angin ban mobil sobat, supaya ban mobil tidak cepat aus.

Cara Rotasi Ban
Setiap mobil selalu mengalami kondisi dimana ban yang sudah dipakai akan mengalami aus yang tidak merata. Untuk mengakalinya biasanya pemilik mobil melakukan rotasi pada ban mobilnya. Setelah melakukan rotasi alangkah baiknya sobat juga melakukan spooring supaya kondisi aus pada ban lebih merata. Saat melakukan rotasi ban juga ada beberapa cara yang disarankan. Misalnya mobil dengan penggerak roda belakang, sebaiknya melakukan rotasi ban dari ban depan kanan dipindahkan ke ban belakang kiri, dan ban depan kiri dipindahkan ke ban belakang kanan. Sedangkan untuk mobil dengan penggerak roda depan dapat melakukan rotasi ban bebas yang penting ban depan harus ditukar dengan ban belakang, bebas kanan atau kiri.

Kecepatan Mobil
Sebagai pemilik mobil kita harus pintar memilih ban mobil kita sesuai dengan karakteristik mobil kita. Karena pada masing – masing ban terdapat simbol petunjuk kecepatan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk memilih jenis ban mana yang cocok dengan mobil kita.

Berikut adalah simbol kecepatan yang terdapat pada ban mobil :

- Simbol M Kecepatan maksimal 130 km/jam.
- Simbol N Kecepatan maksimal 140 km/jam.
- Simbol P Kecepatan maksimal 150 km/jam.
- Simbol Q Kecepatan maksimal 160 km/jam.
- Simbol R Kecepatan maksimal 170 km/jam.
- Simbol S Kecepatan maksimal 180 km/jam.
- Simbol T Kecepatan maksimal 190 km/jam.
- Simbol U Kecepatan maksimal 200 km/jam.
- Simbol H Kecepatan maksimal 210 km/jam.
- Simbol V Kecepatan maksimal 240 km/jam.
- Simbol W Kecepatan maksimal 270 km/jam.
- Simbol Y Kecepatan maksimal 300 km/jam.
- Simbol ZR Kecepatan maksimal Above 240 km/jam.


Gaya Mengemudi
Faktor cepat ausnya ban mobil juga terjadi akibat cara atau gaya mengemudi yang kasar atau spontan, yang tanpa kita sadari. Misalnya sering melakukan rem mendadak pada saat kecepatan tinggi. Melakukan start awalan secara spontan dengan kecepatan tinggi. Dan beberapa faktor lain karena kondisi jalanan yang tidak merata juga berpengaruh pada ban cepat aus. Ban yang sering melaju pada sebagian permukaan aspal dan tanah juga berakibat ban cepat aus.

Demikainlah tadi beberapa penyebab ban mobil cepat aus. Dari beberapa faktor diatas semoga kita jadi lebih peduli dengan ban mobil kita, bukan tanpa alasan tapi demi menjaga keselamatan kita sendiri dan orang lain dijalanan. Dan dengan memperhatikan penyebab diatas lebih menghemat biaya untuk membeli ban mobil.

Sekian dulu artikel tentang beberapa penyebab ban mobilcepat aus dari saya. Semoga dari tulisan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penulisan. Salam otomotif.


Baca ini juga yah!

0 Response to "Ini Dia Penyebab Ban Mobil Cepat Aus"

wdcfawqafwef