Mengukur Tekanan Fuel Pump Mobil Injeksi

Hallo sobat otolovers, pada kesempatan kali ini SakamAutoservice akan membahas cara mengukur tekanan fuel pump mobil injeksi. Pada sistem bahan bakar mobil injeksi, dilengkapi dengan pompa bahan bakar untuk membantu mengalirkan bahan bakar menuju ke injektor. Tapi terkadang tekanan bahan bakar yang sudah lembek atau tidak sesuai dengan ukurannya lagi dapat menghambat aliran bahan bakar.

Mengukur Tekanan Fuel Pump Mobil Injeksi

Intinya tekanan bahan bakar mobil injeksi itu harus tetap stabil, tidak boleh terlalu rendah atau pun terlalu tinggi. Karena jika tekanan bahan bakar terlalu tinggi maka akibatnya dapat menyebabkan slang bahan bakar bocor, serta beberapa seal o ring yang terdapat pada injektor.

Sedangkan jika tekanan bahan bakar terlalu rendah dapat berakibat buruk pada proses pembakaran. Karena bahan bakar yang di alirkan menuju ke injektor itu tidak sesuai dengan kebutuhan selama proses pembakaran. Akibatnya mobil dapat menyendat nyendat atau mbrebet istilah kita sehari hari.

Kita ambil contoh misalnya sebuah mobil Toyota memiliki ukuran tekanan bahan bakar antara 300 kpa sampai 350 kpa. Maka saat mobil distart untuk dihidupkan tekanan bahan bakar harus mampu menekan sebesar 300 kpa. Jika fuel pump sudah tidak berfungsi dengan baik dan hanya mampu menghasilkan tekanan sebesar 150 kpa. Maka dibutuhkan 2 kali start untuk menghidupkan mobil tersebut. Ini merupakan contoh mobil yang menggunakan fuel pump dengan signal starter.

Ciri Ciri Fuel Pump Sudah Rusak
  • Mobil susah dihidupkan, karena pasokan bahan bakar berkurang.
  • Saat mobil hidup ada gejala mesin tersendat sendat atau mbrebet.
  • Mobil butuh beberapa kali starter untuk menghidupkannya.

Sebetulnya tekanan bahan bakar yang rendah juga tidak hanya dipengaruhi oleh pompa bahan bakar saja. Tapi ada beberapa komponen lain yang dapat mengakibatkan tekanan bahan bakar menjadi rendah. Berikut ini adalah beberapa penyebab tekanan bahan bakar mobil injeksi rendah.

Penyebab Tekanan Bahan Bakar Mobil Injeksi Rendah
  • Fuel pump sudah rusak dan terlalu lemah.
  • Selang bahan bakar ada yang bocor.
  • Saringan bahan bakar tersumbat kotoran.

Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil injeksi. Dan diantaranya adalah pengaruh dari pompa bahan bakar yang sudah tidak bekerja dengan baik lagi. Untuk menjaga mobil injeksi kita selalu berperforma bagus ada baiknya kita rajin melakukan service rutin.


Demikianlah artikel tentang mengukur tekanan fuel pump mobil injeksi yang dapat saya bagikan kepada sobat. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, dan terimakasih banyak sudah berkunjung.


Baca ini juga!


0 Response to "Mengukur Tekanan Fuel Pump Mobil Injeksi"

wdcfawqafwef