Cari Mobil Keluarga yang Keren, Toyota Grand New Veloz Aja!

Ada sebuah keluarga bertengkar gara-gara masalah beli mobil. Jadi begini ceritanya, sang suami yang merupakan orang kantoran punya keinginan membeli mobil sedan karena teman-teman sekantornya rata-rata menggunakan mobil sedan. Sedangkan sang istri tidak setuju dan lebih memilih mobil keluarga (MPV) dengan alasan jumlah keluarga ada enam orang, sewaktu-waktu ada acara keluarga semua anggota keluarga dapat ikut pergi menggunakan mobil mereka sendiri. Tapi sang suami tetap dengan keinginannya membeli mobil sedan, karena menurutnya mobil sedan lebih terlihat mewah dan berkelas dari pada mobil keluarga yang body nya kurang menarik. Dan akhirnya sepasang suami istri itu pun bertengkar, hanya gara-gara beda pendapat saat akan membeli mobil.

Dari penggalan cerita di atas sebetulnya sang suami memang sedikit salah, karena fungsi utama sebuah mobil adalah sebagai alat transportasi yang memudahkan orang untuk bepergian. Dengan jumlah keluarga enam orang jelas mobil sedan tidak mampu menampung seluruhnya, belum lagi jika membawa barang. Tapi sang suami juga tidak sepenuhnya salah, karena di era seperti sekarang ini mobil juga menjadi simbol sosial seseorang. Sang suami sudah bekerja keras mencari uang, tentu dia juga ingin merasakan hasil kerja kerasnya sebagai penghargaan kepada diri sendiri. Dan yang pasti tidak ingin terlihat buruk dihadapan teman-teman sekantornya yang rata-rata menggunakan mobil sedan.

Sebetulnya pasangan suami istri ini tidak perlu mempermasalahkan hal sepele seperti ini. Karena ada satu penyelesain masalah yang sangat bagus. “Terus bagaimana dong cara menyelesaikannya bro...?”

Jadi caranya adalah dengan membeli mobil berjenis MPV (mobil keluarga) tapi dengan tampilan sporty yang tidak kalah dengan mobil sedan. “Memangnya ada mobil MPV yang sporty kayak sedan bro..?”

Jelas ada dong...yaitu produk baru dari Toyota Indonesia yang diberi nama Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz. “Loh, itu kan Avanza mobil lama bro...kalau itu aku sih sudah tahu”.

Tunggu dulu, jangan sotoi dong...ini generasi baru dari Toyota Avanza sebelumnya, dengan mesin baru, body baru, semua serba baru, pokoknya beda sama Avanza yang sebelumnya. “Ah masa sih? Memang dimana bedanya?”

Makanya jangan sotoi...dengerin dulu penjelesan saya. “oke bro...”

Jadi beberapa waktu yang lalu, tepatnya 12 Agustus 2015 PT Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan produk barunya, yaitu Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz bertempat di Ballroom Hotel Raffles, Jakarta. Kedua mobil ini merupakan generasi terbaru dari generasi sebelumnya yaitu Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Dengan hadirnya mobil baru ini Toyota menawarkan mobil Low MPV dengan tampilan mewah, cocok untuk kaum menengah ke atas.

Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz 2015

Meskipun sama-sama produk baru dan sepintas terlihat mirip tapi ternyata Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz punya banyak perbedaan. Berikut adalah ini letak perbedaan antara Toyota Grand New Avanza dengan Grand New Veloz.

  • 1.       Grille dan Bemper Depan
  • 2.       Head Lamp
  • 3.       Ukuran Pelek
  • 4.       Warna Interior
  • 5.       Warna Garnish Pintu Belakang dan Lampu Belakang


Keunggulan dari Grand New Avanza dan Grand New Veloz adalah dengan adanya mesin baru menggunakan mesin dual VVT-i yang dinilai lebih irit, lebih efisien, dan lebih bertenaga. Serta menyajikan Interior dan juga Eksterior baru yang mengalami banyak perubahan sehingga membuat mobil ini terlihat lebih segar dari generasi sebelumnya.

Kali ini saya akan menjelaskan spesifikasi mobil Toyota Grand New Veloz terlebih dahulu untuk melihat spesifikasi mobil toyota Grand New Avanza dapat diklik disini.

Apa saja sih yang baru dari mobil Toyota Grand New Veloz?


Mesin Toyota Grand New Veloz 2015
Yang pertama saya akan membahas mesin baru dari Toyota Grand New Veloz. Mesin yang disematkan pada mobil Toyota Grand New Veloz berjenis Dual VVT-i. Keunggulan dari mesin ini dinilai jauh lebih irit dari mesin Toyota Avanza Veloz sebelumnya. Selain itu mesin ini mengalami peningkatan pada torsi sehingga membuat mobil ini jauh lebih bertenaga. Keunggulan lainnya adalah mobil ini sangat ramah terhadap lingkungan.

Masih pada bagian mesin, perubahan yang baru juga meliputi pada sistem injeksi. Kalau dulu mobil Toyota Avanza Veloz menggunakan Injektor dengan 4 lubang, sedangkan Toyota Grand New Veloz ini menggunakan Injektor baru dengan 8 lubang. Dengan semakin banyaknya lubang pada Injektor, maka pengabutan bahan bakar menjadi lebih baik. Berpengaruh juga dengan sistem pembakaran yang lebih sempurna. Sehingga konsumsi bahan bakar pada mobil Toyota Grand New Veloz lebih efisien. Ini lah yang membuat mobil ini menjadi lebih irit. Bahan bakar yang dianjurkan untuk mobil Toyota Grand New Veloz, minimal RON 90 atau Petralite.


Eksterior Toyota Grand New Veloz 2015

Yang kedua masuk pada bagian eksterior Toyota Grand New Veloz. Bagian eksterior yang paling mencolok mengalami perubahan terdapat pada bagian depan mobil. Mulai dari perubahan bentuk Grill depan yang lebih besar dan menyatu dengan bumper bawah. Grill baru Toyota Grand New Veloz berwarna hitam besar dengan lubang-lubang sebagai tempat mengalirnya udara kebagian mesin. Sedangkan grill yang menyatu dengan bemper melintang masih berwarna hitam. Dibagian bawah kap mesin terdapat grill melintang berwarna chorme seperti menyatu dengan head lamp, dan di tengahnya terdapat logo Toyota.

Head lamp juga mengalami sedikit perubahan bentuk, menjadi lebih sporty. Tapi masih menggunakan lampu Hallogen. Pada bagian bemper terdapat fog lamp yang sedikit mencuri perhatian dengan balutan garnish berwarna chorme menambah kesan mewah pada mobil ini.
Pada bagian belakang mobil ini mengalami penambahan lampu berbentuk trapesium yang menempel pada pintu belakang dan sejajar dengan lampu belakang.

Sedangkan pada bagian roda, mobil Toyota Grand New Veloz menggunakan velg racing ring 15 inchi dengan desain yang menarik.

Toyota Grand New Veloz tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu, Dark Red Mica Metallic, Black Metallic, White dan Silver Mica Metallic.

Tampilan baru eksterior mobil Toyota Grand New Veloz ini saya rasa tidak mengecewakan. Dengan adanya desain baru pada bagian grill dan head lamp serta balutan warna chrome pada beberapa panel pendukung. Menjadikan Toyota Grand New Veloz ini cocok sebagai mobil untuk keluarga stylish.


Interior Toyota Grand New Veloz 2015
Yang ketiga saya akan mengupas bagian interior Toyota Grand New veloz. Perubahan yang menonjol dari interior Toyota Grand New Veloz terletak pada pemilihan warna hitam yang kental pada seluruh komponennya. Terlihat jelas dari warna dashboard hitam, sarung jok juga berwarna hitam dikombinasikan dengan warna abu-abu, dan juga pada bagian setir yang dilapisi kulit berwarna hitam.

Yang menarik pada bagian sisi sebalah kiri setir terdapat tombol tambahan yang berfungsi untuk mengatur perangkat audio.

Pada bagian audio nya sendiri mobil Toyota Grand New Veloz dilengkapi dengan layar touch screen 6,1”. Didukung dengan berbagai macam media seperti CD, DVD, AM/FM, USB, AUX, Bluethooth, dan iPod Ready.

Kesan sporty juga terlihat pada desain baru speedometer Toyota Grand New Veloz, dibalut dengan cahaya penerangan berwarna putih kebiruan. Sangat tepat jika Toyota Grand New Veloz ini menyandang predikat mobil dengan exterior dan interior stylish dan trendy lifestyle.

Safety Toyota Grand New Veloz 2015
Yang keempat sekaligus ulasan yang terakhir saya akan mengulas bagian kemanan dan keselamatan Toyota Grand New Veloz. Karena semua akan percuma jika semua sudah bagus tapi dari segi keselamatannya buruk, ini akan mengurangi kualitas sebuah mobil.

Jadi pada mobil Toyota Grand New Veloz, ternyata sudah dilengkapi dengan sistem keamanan dan keselamatan yang canggih. Ini terbukti dengan penggunaan sistem kunci Immobilizer, membuat mobil ini lebih aman terhadap bahaya pencurian.

Dari sisi keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS (Anti Lock Break System) membuat mobil ini lebih aman untuk berakselerasi. Tidak ketinggalan komponen wajib sistem keselamatan yaitu Air Bag. Sedangkan yang baru dari sistem keselamatan Toyota Grand New Veloz terdapat perubahan pada sabuk pengaman, yang sudah menggunakansabuk pengaman pretensioner force limiter. Terdapat juga lampu kontrol sabuk pengaman dibagian depan untuk mengetahui apakah sabuk pengaman sudah terpasang dengan benar apa belum. Untuk orang tua yang memiliki bayi, tidak dipusingkan lagi repot-repot memasang kursi bayi. Karena sudah disediakan ISOFIX fitting, yang jauh lebih mudah dan lebih aman, sudah teruji pada test keselamatan.

Begitulah kira-kira sedikit gambaran dari spesifikasi mobil Toyota Grand New Veloz. Semoga mampu memberikan sedikit informasi buat kamu yang sedang mencari mobil keluarga dengan tampilan lebih elegan.

Jika masih kurang jelas, silahkan lihat tabel dibawah ini.


  Spesifikasi Mesin
MESIN
VELOZ 1.5 M/T
VELOZ 1.3 M/T
Tipe Mesin
IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i
IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder (cc)
1,496
1,329
Daya Maksimum (Ps/rpm)
104 / 6,000
96.5 / 6,000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm)
13,9 / 4,200
12.3 / 4,200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar
EFI
EFI
Bahan Bakar
Unleaded Gasoline
Unleaded Gasoline
Kapasitas Tangki (liter)
45
45
Steering (Power Steering)
Dengan (Electric Power Steering)
Dengan (Electric Power Steering)














































Spesifikasi Body
SASIS
VELOZ 1.3 M/T & 1.5 M/T
Transmisi / Transmition
5 Speed M/T
Suspensi Depan
Macpherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang
4 Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan
Disc
Rem Belakang
Drum
Sistem Rem Tambahan
ABS
Steering Gear
Electronic Power Steering
Ukuran Ban
185/65 R15
Ukuran Ban
185/65 R15

 Dimensi Mobil
DIMENSI
UKURAN MM
Panjang
4.200
Lebar
1.660
Tinggi
1.695
Jarak Poros Roda
2.655
Jarak Pijak Depan
1.425
Jarak Pijak Belakang
1.435
Ground Clearance
200
Terus berapa harga Toyota Grand New Veloz ini bro...?”

Jangan khawatir brother, harga mobil Toyota Grand New Veloz ini tidak semahal yang kamu pikir kok. Mobil ini tergolong murah, dalam artian melihat dari segala kelebihan yang ditawarkan kepada konsumen dan juga sisi kenyamanan saat berkendara. Saya rasa kita tidak bakal dirugikan dengan harga yang ditawarkan.


Berikut ini daftar harga mobil Toyota Grand New Veloz
TIPE VELOZ
HARGA
Type 1.3 Veloz M/T
Rp. 204.200.000
Type 1.3 Veloz A/T
Rp. 216.000.000
Type 1.5 Veloz M/T
Rp. 215.100.000
Type 1.5 Veloz A/T
Rp. 226.900.000

Harga di atas adalah harga OTR daerah Jakarta dan sekitarnya, untuk daerah yang lain silahkan langsung saja menuju diller resmi Toyota terdekat di kota kamu. Buruan mumpung masih baru, jangan sampai kehabisan. Biasanya sih kalau masih baru banyak promo menarik nih!


Sekian dulu artikel dari saya ini, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih atas perhatian sobat semua... saya mau ke diller Nasmoco dulu nih, siapa mau ikut???
Avanza Veloz Blog Competition 2015

0 Response to "Cari Mobil Keluarga yang Keren, Toyota Grand New Veloz Aja!"