MASALAH KOPLING MOBIL

Ciri Ciri Kampas Kopling Aus atau Tipis

kampas kopling aus,tipis,selip
kampas kopling Xenia

Beberapa orang banyak yang belum mengetahui tanda atau gejala kampas kopling yang sudah aus. Padahal jika gejala sudah muncul dan dibiarkan saja maka kampas akan habis hingga menyisakan plat besinya saja. Kampas kopling yang hanya tersisa plat besinya dapat mengakibatkan pergesekan langsung dengan matahari(cluth cover). Sehingga dapat merusak permukaan matahari dan juga permukaan roda gila,yang juga bergesekan langsung dengan kampas kopling. Untuk itu,perlu diperhatikan jika gejala kampas kopling yang sudah tipis itu muncul segeralah ganti kampas kopling dengan yang baru. Berikut akan saya bagikan gejala atau ciri ciri kampas kopling yang sudah tipis atau aus.


Ciri-ciri kampas kopling yang sudah tipis :

·         Tercium bau gosong saat mobil berjalan ditanjakan,mobil tidak kuat menanjak dan kampas kopling selip sehingga pergesekan kampas menimbulkan aroma gosong.

·         Suara mesin membengung ketika angkatan awalan mobil akan berjalan,bahkan bisa saja mobil tidak dapat berjalan sama sekali.

·         Mobil dengan kopling hidrolik,pedal kopling akan terasa lebih tinggi saat dilepas tetapi mobil terasa berat.

·         Perpindahan percepatan akan terasa keras,atau susah pindah gigi.


Selain faktor kampas kopling yang tipis,ada juga problem lain yang dapat mempengaruhi sistem kopling tidak dapat bekerja dengan baik diantaranya :


1.       Cluth Cover

Masalah pada cluth cover/matahari/plendes biasanya disebabkan permukaan yang sudah tidak rata dan tipis. Atau bisa juga plat matahari yang bergesekan dengan realese bearing (drek laher) sudah aus. Gejala yang ditimbulkan jika Cluth Cover sudah rusak adalah pedal kopling terasa lebih rendah dan seperti tidak menekan.


2.       Realese Bearing

realese bearing,drek laher
realese bearing xenia
Fungsi dari realese bearing adalah menekan cluth cover,realese beareng terhubung langsung dengan garpu kopling saat pedal kopling diinjak secara otomatis realese  bearing akan menekan cluth cover. Kerusakaan pada realese bearing biasanya karena permukaannya sudah aus akibat bergesekan terus menerus dengan cluth cover. Sering terjadi juga realese bearing hancur mungkin ada faktor usia dan pemakaian. Gejala yang ditimbulkan jika Realese bearing rusak,yaitu hampir sama dengan cluth cover tapi bedanya kalau realese bearing rusak biasanya dibarengi suara suara kasar didalam prosneling.


3.       Master Kopling

Master Kopling adalah pengganti dari kabel kopling,master kopling merupakan komponen kopling dengan sistem hidrolik menggunakan minyak rem. Kerusakan pada master kopling biasanya karena seal yang terdapat pada master kopling itu bocor,sehingga mengurangi tekanan pada selang kopling,bahkan bisa sampai pedalkopling terasa hampa atau dalam sistem rem disebut blong.

Demikian tadi tentang gejala kampas kopling dan komponen kopling lainnya,semoga dapat menjadi gambaran untuk kita semua,dan memberikan manfaat bagi semua pembaca. Kenali gejala gejala mobil anda,dan perhatikan dengan teliti,jika menemui kesulitan jangan malu bertanya kepada kawan kawan atau langsung memeriksanya dibengkel terpercaya. Terimakasih atas perhatiannya.

Baca juga artikel lainnya starter mobil berat

0 Response to "MASALAH KOPLING MOBIL"

wdcfawqafwef