Mobil Ferrari Classic Ini Terjual Seharga Rp 393,5M

Kabar menghebohkan ini datang dari New York, diberitakan sebuah rumah lelang yang bernama RM Sotheby’s baru saja berhasil menjual mobil Ferrari keluaran tahun 1956 dengan harga $28 juta atau setara dengan Rp 393,5 miliar.

Usut punya usut ternyata mobil Ferrari yang dilelang itu adalah mobil milik mantan pebalap Formula 1 yang bernama Juan Manuel Fangio. Beliau ini merupakan seorang legenda di dunia balap Formula 1 dengan prestasi menjadi juara dunia 5 kali. Pantas saja jika mobil tersebut bisa terjual dengan harga begitu mahal, karena nilai sejarah dari mobil itu sendiri yang menjadi daya tarik bagi kolektor mobil.

Selain karena bekas milik seorang legenda balap Formula 1, ternyata mobil Ferrari yang berjenis 290 MM ini dibuat khusus atau terbatas. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 4 unit saja di seluruh dunia. Mobil Ferrari 290 MM dibuat menggunakan mesin berkapasitas 3.490 cc SOHC V12, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 320 bhp.

Mobil Ferrari Classic Ini Terjual Seharga Rp 393,5M

Mobil Ferrari 290 MM ini dulu sering digunakan untuk balapan klasik pada tahun 1957, oleh beberapa pebalap seperti Luigi Musso, Masten Gregory dan Eugenio Castellotu. Mereka berhasil merebut gelar juara dengan mobil tersebut dalam balapan Buenos Aires 1000 KM.

Tingkat popularitas mobil Ferrari 290 MM mencapai puncaknya setelah Thomas McAvoy memotretnya dan dijadikan sebuah foto esai dalam majalah Life yang saat itu majalah paling populer di Amerika. Thomas McAvoy sendiri merupakan seorang fotografer yang bekerja untuk majalah Life.

Mobil Ferrari 290 MM berhasil mengalahkan harga jual mobil Ferrari 275 GTB/4 S Nart Spider buatan tahun 1967 yang dilelang dengan harga $27,7 juta atau setara dengan Rp 389,3 miliar pada acara lelang Monterey Car Week, Agustus 2013 silam. Sementara rekor lelang tertinggi dipegang oleh mobil Ferrari 250 GTO Berlinetta yang dilelang pada tahun 2014 dengan harga US$38,1 juta.


Ferrari 290 MM bersejarah ini sebelumnya sempat dibeli oleh Temple Buell dan sering digunakan untuk balapan. Kemudian dijual kembali dan dibeli oleh Pierre Bardinon, dijadikan mobil koleksi selama kurang lebih 34 tahun. Sebelum akhirnya dilelang kembali dan dimiliki oleh pemilik yang sekarang.


Baca juga artikel sebelumnya :

0 Response to "Mobil Ferrari Classic Ini Terjual Seharga Rp 393,5M"

wdcfawqafwef