Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Wiper Mobil

Wiper Mobil memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil dari air dan debu. Komponen dari Wiper Mobil ini terdiri dari Saklar Wiper, Karet Wiper, Tangkai Wiper, Wiper Link dan Dinamo Wiper. Masing-masing komponen memiliki peran penting pada proses kerjanya. Untuk lebih jelasnya saya akan menerangkan fungsi dari masing-masing komponen Wiper Mobil sebagai berikut.


Saklar Wiper, fungsinya adalah untuk menghidupkan Wiper Mobil.

Karet Wiper, memiliki fungsi untuk menyapu kaca dari air dan debu. Terbuat dari bahan karet dan besi sebagai penghubung antara karet wiper dengan Tangkai Wiper.

Tangkai Wiper, memiliki fungsi sebagai pegangan dari Karet Wiper. Selain itu Tangkai Wiper juga berperan sebagai penghubung antara Karet Wiper dengan Wiper Link, terbuat dari bahan besi.

Wiper Link, fungsinya sebagai penghubung antara Tangkai Wiper + Karet Wiper dengan Dinamo Wiper (Motor Wiper). Terbuat dari bahan besi dan alumunium.

Dinamo Wiper, fungsi utamanya adalah sebagai penggerak dari komponen Wiper Mobil seluruhnya.


Baiklah tadi sudah dijelaskan secara singkat tentang peran dari masing-masing komponen Wiper Mobil. Sekarang saya akan menjelaskan beberapa penyebab Wiper Mobil rusak.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Wiper Mobil

Penyebab dari Wiper Mobil Rusak

Beberapa penyebab yang mengakibatkan Wiper Mobil tidak berfungsi dengan baik adalah :

Saklar Wiper tidak berfungsi, kerusakan pada Saklar Wiper biasanya karena terjadinya korsleting arus listrik. Jika Saklar Wiper rusak otomatis Wiper juga tidak dapat dihidupkan.

Karet Wiper Mobil sudah keras, biasanya dipengaruhi oleh usia pemakaian. Kerusakan yang ditimbulkan adalah Wiper tidak dapat menyapu air atau kotoran dengan maksimal. Untuk memperbaikinya harus diganti dengan yang baru.

Tangkai Wiper aus atau patah, pada Tangkai Wiper terdapat lubang sebagai tempat penghubung dengan baut Wiper Link, lubang ini lah yang biasanya rusak atau sudah aus. Akibatnya Tangkai Wiper tidak terpasang dengan benar, bahkan meskipun Dinamo Wiper sudah bekerja Tangkai Wiper tetap tidak bergerak karena tidak terpasang dengan benar pada baut Wiper Link.

Wiper Link patah dan Bush Wiper aus, kerusakan jga sering terjadi pada bagian Wiper Link. Yang umumnya terjadi diakibatkan oleh Wiper Link yang patah karena faktor usia pemakaian atau kecelakaan. Yang tidak kalah sering terjadi juga karena Bush Wiper yang terletak pada bagian Wiper Link sudah aus. Ini juga karena faktor usia pemakaian mengakibatkan Bush Wiper menjadi aus. Karena bahan dasar pembuat Bush Wiper itu sendiri adalah plastik. Jika sudah aus Bush Wiper bisa saja terlepas sewaktu-waktu. Efeknya Wiper Link tidak dapat meneruskan gaya putar dari Dinamo Wiper.

Dinamo Wiper (Motor Wiper) terbakar, seperti Dinamo pada umumnya kerusakan yang sering terjadi pada Dinamo Wiper juga masalah kumparan yang terbakar. Biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada Mobil. Kalau sudah begini Wiper Mobil dinyatakan rusak total karena sumber pemutar dari sistem kerja Wiper Mobil tidak dapat berfungsi.

Sepertinya cukup segitu saja masalah umum yang mengakibatkan Wiper Mobil tidak dapat berfungsi dengan baik. Selanjutnya saya akan memberikan sedikit tips untuk merawat Wiper Mobil agar lebih awet. Paling tidak dapat sedikit memperpanjang usia pemakaian dari Wiper Mobil, lumayan sedikit penghematan. Tips ini bisa anda lakukan sendiri di rumah, karena sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.


Tips Simpel Merawat Wiper Agar Lebih Awet

1. Jangan mengelap atau membersihkan Karet Wiper pada bagian samping. Karena pada bagian samping Karet Wiper terdapat lapisan kimia (Graphite) yang berfungsi untuk menjaga elastisitas Karet Wiper. Bersihkan saja pada bagian ujung karet wiper menggunakan kanebo.

2. Berikan pelumas pada bagian Wiper Link khusunya pada bagian Bush Wiper. Bisa menggunakan oli bekas, tapi akan lebih bagus menggunakan cairan khusus seperti WD40. Supaya pergerakan Wiper lebih lancar.

3. Jangan menggunakan Air Wiper yang banyak di jual di toko-toko, karena pada cairan tersebeut disinyalir mengandung zat asam yang dapat mengendap pada tempat penampung Air Wiper. Sebagai penggantinya, anda dapat menggunakan air biasa yang dicampur dengan shampo. Selain lebih murah shampo juga cukup bagus sebagai pengganti cairan Wiper.


Bagaimana cukup simpel kan cara merawat Wiper Mobil, silahkan sobat praktekan sendiri di rumah masing-masing. Segitu dulu postingan kali ini tentang Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Wiper Mobil. Terimakasih


Baca juga :

0 Response to "Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Wiper Mobil"

wdcfawqafwef