Merawat Rem Mobil Kesayangan

http://artikel-teknologi.com/wp-content/uploads/2012/06/20120621-105849-AM.jpg



Tips perawatan rem mobil


Rem adalah salah satu komponen yang sangat penting pada setiap kendaran. Oleh sebab itu kita harus merawatnya dengan baik agar kondisi rem dapat bekerja dengan baik juga. Jika kondisi rem tidak bekerja dengan baik dapat berakibat fatal,dapat menyebabkan kecelakaan. Banyak contoh kejadian dimana kondisi rem blong mengakibatkan kecelakaan kendaraan yang sangat fatal. Karena itu saya akan membagikan tips seputar perawatan rem pada mobil agar berfungsi dengan baik.



·         Periksa Minyak Rem

Periksa lah kondisi minyak rem,sebaiknya minyak rem diganti setiap 25.000km. Jika minyak rem terlalu lama tidak diganti akan menurunkan fungsi rem. Ganti sesuai spesifikasi  yang tertera pada mobil anda. Jika minyak rem yang terdapat dalam wadah penampungan berkurang,tambahkan sesuai batas maksimum. Dan periksa apakah ada kebocoran yang mengakibatkan minyak rem dalam wadah penampungan berkurang.



·         Periksa Kanvas Rem

Periksa kondisi kanvas rem depan dan belakang,jika kondisinya sudah 20% sebaiknya diganti. Kanvas rem yang sudah tipis biasanya terasa pada injakan pedal rem yang semakin dalam. Untuk kanvas rem belakang yang masih menggunakan teromol (belum cakram) harus sering diperiksa,karena sangat mudah kotor oleh debu dan harus dibersihkan.



kanvas rem belakang



·         Periksa Central Rem dan Booster Rem

Central Rem dan Booster rem adalah dua komponen sistem pengereman yang saling terhubung. Letaknya berada di bawah stir atu di depan stir,jika dua komponen rem ini rusak maka injakan pedal rem akan terasa dalam dan hampa (rem blong). Untuk Central Rem bisa diganti seal nya saja,sedangkan untuk booster ada juga seal kit booster tapi biasanya jika hanya diganti seal kit boosternya saja hasilnya kurang maksimal.



·         Periksa Piston Rem

Piston Rem biasanya macet karena berkarat,akibat debu yang masuk kedalam cylinder rem. Jika piston  rem sudah macet,akan secara otomatis menekan kanvas rem terus dan menyebabkan  roda akan terasa panas,bahkan menyebabkan roda tidak bisa berputar. Ini sangat berbahaya jika suatu waktu anda sedang berkendara tiba tiba mobil anda berhenti mendadak akibat rem gancet.



·         Periksa Hand Rem

Periksa lah kondisi hand rem anda,apakah dapat berfungsi dengan baik apa tidak. Jika tidak bawa kebengkel untuk menyetelnya kembali ketinggiaan tongkat hand rem mobil anda. Biasanya kerusakan hand rem terletak pada kabel hand rem yang macet atau putus. Ganti lah kabel hand rem yang sudah rusak,mengingat fungsi hand rem yang sangat penting saat kita berada dimedan yang menanjak. Jangan ambil rsiko keselamatan anda.



Sebaiknya pemeriksaan rem dilakukan secara rutin,karena fungsi rem yang mengharuskan bekerja terus menerus. Periksaakan kondisi mobil anda ke bengkel yang sudah terpercaya karena anda tidak mungkin memeriksa keseluruhan sistem pengereman sendiri di rumah. Sekian tips dari saya jika ada salah salah kata saya mohon maaf,nantikanartikel saya selanjutnya. Terimakasih 

Baca juga artikel saya sebelumnya disini.

0 Response to "Merawat Rem Mobil Kesayangan"

wdcfawqafwef