Cara Reset Ecu Mobil Nissan Manual Tanpa Alat

Cara Reset Ecu Mobil Nissan Manual Tanpa Alat

Pada kesempatan kali ini sakamautoservice.com akan membagikan tips atau cara melakukan reset ECU khusus mobil nissan. Pada umumnya reset ecu mobil secara manual sangat lah mudah, kita hanya perlu melepas kabel massa pada terminal (-) negatif battrai atau dengan melapas fuse engine pada fuse box. Tapi ternyata hal itu tidak bisa kita terapkan pada mobil Nissan keluaran terbaru seperti Grand Livina, Xtrail, Serena, Juke, dll.

Mengapa demikan? Usut punya usut ternyata mobil Nissan yang disebutkan di atas tadi sudah mengadopsi sistem Trottle By Wire. Bahasa orang awam nya mobil yang sudah tidak menggunakan kabel gas seperti biasanya, melainkan menggunakan kabel rangkain elektrik dengan bantuan sensor untuk menggerakan Trottle Valve.

Salah satu kelemahan sistem Trottle By Wire atau dikenal juga dengan Drive By Wire adalah jika kita melakukan tune up dengan melepas Trottle Body maka akan terjadi perubahan pada putaran mesin. Biasanya rpm mesin akan menjadi lebih tinggi dan tidak stabil, dan untuk mengembailkan putaran mesin kemabali normal kita harus melakukan reset pada ECU mobil tersebut. Untuk bengkel resmi biasanya menggunakan alat khusus yang harga nya sampai puluhan juta. Tapi tenang, sebetulnya ada cara praktis yang bisa kita lakukan sendiri tanpa menggunakan alat apa pun, yang kita butuhkan hanya lah kejelian saja saat melakukan proses reset ECU manual ini.


Berikut cara melakukan reset ECU manual mobil Nissan (Trottle By Wire) :

1.       Nyalakan mesin kurang lebih 10 – 15 menit agar suhu kerja mesin tercapai. Pastikan lampu check engine mati, dalam arti tidak ada sensor yang bermasalah. Jika ada sebaiknya diperiksa ulang kembali.

2.       Matikan mesin, kunci kontak dalam posisi OFF. Pastikan tidak ada beban kelistrikan seperti Lampu, AC atau Tape/Audio. Tunggu selama 10 detik, kemudian

3.       Putar kunci kontak pada posisi ON tanpa menghidupkan mesin, tunggu selama 3 detik.

4.       Injak pedal gas sampai mentok lalu lepaskan, lakukan hal ini sebanyak 5 kali dalam waktu 5 detik saja.

5.       Lepas pedal gas dan tunggu selama 7 detik saja, kemudian Injak pedal gas sampai mentok dan tahan.  Tunggu sampai 10 detik , jika proses dilakukan dengan benar maka lampu cek engine akan berkedip. Tetap injak pedal gas sampai lampu cek engine berhenti berkedip.

6.       Setelah lampu check engine berhenti berkedip, lepas pedal gas dan nyalakan mesin.


Jika proses di atas dilakukan dengan benar seharusnya putaran mesin sudah kembali normal, tapi jika tidak ada perubahan ulangi lagi langkah di atas.


Demikian tips cara melakukan reset ecu mobil nissan manual yang bisa kita bagikan. Semoga dapat bermanfaat buat sobat semua. Sumber Nissan

0 Response to "Cara Reset Ecu Mobil Nissan Manual Tanpa Alat"