Cara Cek Alternator atau Dinamo Ampere Mobil


Sebelum kita membahas cara untuk melakukan pemeriksaan kondisi Dinamo Ampere mobil, alangkah baiknya kita mengenal fungsi dari Dinamo Ampere mobil ini.

Cara Cek Alternator atau Dinamo Ampere Mobil

Apa sih Alternator atau  Dinamo Ampere mobil?
Alternator atau Dinamo Ampere atau sering juga disebut dengan Dinamo Pengisian, adalah salah satu komponen atau alat mobil yang bertugas untuk melakukan pengisian setrum pada aki (baterai) saat mobil dalam posisi mesin hidup.

Prinsip kerja dari Alternator mobil adalah dengan merubah energi gerak menjadi energi listrik dengan arus bolak-balik.

Kerusakan pada Alternator sangat berpengaruh terhadap kelistrikan mobil, karena fungsinya adalah sebagai sumber arus listrik utama untuk mengisi baterai mobil (Aki).

Cara melakukan pemeriksaan Alternator apakah dalam kondisi normal atau rusak (tanda-tanda tidak normal).

1.       Cara pertama dan yang paling mudah adalah lampu CHG (gambar baterai/aki) pada dashboard mobil akan terus menyala saat mesin dalam posisi hidup.

2.       Cara kedua adalah dengan menggunakan alat Multimeter Digital dan Tang Ampere. Dengan kedua alat ini akan menghasilkan hasil pengukuran yang lebih akurat. Seperti besarnya tegangan yang dihasilkan oleh Alternator dan juga hambatan yang terdapat pada kabel dari Alternator menuju ke Aki (baterai). 
Cara Cek Alternator atau Dinamo Ampere Mobil
Tang Ampere


3.       Cara ketiga dan yang terakhir adalah dengan menempelkan besi pada Alternator, sebelumnya kita hidupkan mesin mobil terlebih dahulu. Tempelkan besi atau kunci ring pada bagian Pulley Alternator, jika terdapat tarikan medan magnet pada Alternator yang cukup kuat dapat dipastikan Alternator dalam kondisi normal. (Lakukan dengan hati-hati perhatikan tali kipas/v.belt agar tidak mengenai tangan)

Demikian tadi adalah cara paling mudah untuk mengecek kondisi Alternator mobil, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Cek Alternator atau Dinamo Ampere Mobil"

wdcfawqafwef