Penanganan Saat Mobil Mogok


Penanganan Pertama Saat Mobil Mogok

penanganan pertama saat mobil mogok


Seputar Mobil kali ini akan berbagi tips mengenai penanganan pertama saat mobil mogok. Buat anda yang pernah mengalami mogok mobilnya mungkin sudah tau cara penanganannya. Tapi buat yang belom tau pasti akan  bingung harus bagaimana? Sekarang tidak perlu bingung,karena saya akan memberikan tips sederhana penanganan mobil saat mogok. Berikut adalah tips menangani mobil saat mogok versi Seputar Mobil.

1.       Jangan panik,jika anda mengalami masalah mobil mogok yang pertama harus anda lakukan adalah menenangkan diri anda sendiri. Meskipun anda sedang buru buru,tapi usahakan anda tidak panik agar anda dapat berfikir jernih.

2.       Tepikan Kendaran anda dahulu,sebelum ketahap penanganan mobil anda yang sedang mogok usahakan mobil anda ditepikan terlebih dahulu. Suapaya tidak mengganggu pengguna jalan lainnya,juga untuk keselamatan diri anda dan orang lain. Jika nada sendirian minta bantuan orang lain sesama pengguna jalan.

3.       Cek pengapian,periksa pengapian mobil anda dengan cara lepas busià pasangkan pada kabel busià tempelkan busi ke massa à kemudian starter mobil anda. Apakah ada api yang keluar dari kabel busi atau tidak? Jika ada berarti kerusakan bukan dari pengapian,jika tidak ada perlu diperiksa satu persatu komponen pengapiannya. Mulai dari koil,distributor,CDI/platina,kabel busi,IC regulator,dll.

4.       Periksa bahan bakar,tidak lucu kan jika ternyata mobil anda mogok gara gara kehabisan bensin? Tapi yang saya maksud disini,kondisi bahan bakar anda keadaan penuh tapi mobil anda mogok. Lakukan pemeriksaan dengan melepas selang bahan bakar yang menuju ke karburator/injektor pump,kemudian distater lihat apakah bahan bakar keluar atau tidak? Ada beberapa penyebab jika bahan bakar tidak keluar,bisa jadi pompa bahan bakar rusak,filter bahan bakar kotor,selang bahan bakar tersumbat. Periksa juga injektor atau karburatornya,mungkin saja tidak dapat mensuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar.

5.       Periksa Timing Belt,jika mobil anda menggunakan Timing Belt dan mobil anda mogok tidak bisa dihidupkan kembali,bisa jadi karena Timing Beltnya putus. Gejala timing belt putus adalah jika mobil distater maka akan tersa ringan tanpa adanya beban,hal ini terjadi karena noken as tidak berputar. Sedangkan fungsi dari Timing Belt ini adalah untuk menghubungkan noken as dan kruk as supaya noken as dapat berputar menyesuaikan putaran krus as. Silahkan baca mengenai Timing Belt disini.

Jika anda benar benar buta mengenai mobil ada baiknya anda meminta bantuan kepada mekanik bengkel agar mobil anda mendapat penanganan yang tepat. Selain itu tips ini mungkin tidak berlaku untuk mobil mobil mewah dengan teknologi tinggi yang super canggih.
Demikian tips tentang penangan pertama saat mobil mogok,semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Mohon maaf jika ada kekurangan,dan kekleiruan dalam tulisan ini. Terimakasih


Baca juga : Tips Merawat Mobil

0 Response to "Penanganan Saat Mobil Mogok"

wdcfawqafwef