SHOCKBREAKER MOBIL

SHOCKBREAKER MOBIL


 Shockbreaker atau sering disebut dengan peredam kejut adalah merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk mengurangi  getaran atau hentakan saat mobil mengalami goncangan dan menyeimbangan mobil agar stabis saat  melaju di jalan yang bergelombang (tidak rata). Shockbreaker mobil atau yang sering disebut shock mobil terdapat dua jenis menurut penempatannya,yaitu shock depan dan shock belakang.  Masing masing mobil memiliki perbedaan pada jenis shockbreaker yang digunakan sesuai dengan jenisnya. Untuk mobil sejenis sedan shock depan dan belakang memiliki kesamaan bentuk dan sistem kerjanya,sedangkan untuk mobil jenis avanza atau xenia terdapat perbedaan bentuk dan sistem kerjanya pada shocbreaker depan dan belakang.



Di Indonesia sendiri terdapat dua produsen shockbreaker mobil yang digunakan dalam komponen onderdil mobil pabrikan yaitu Kayaba dan Showa. Masing masing memiliki keunggulan tersendiri,namun kebanyakan produsen pabrikan biasanya menggunakan produk dari Kayaba. Selain itu terdapat dua jenis shocbreaker mobil menurut sistem kerjanya yaitu shockbreaker yang menggunakan minyak (oli) dan shockbreaker yang menggunakan Gas. Sebaiknya untuk mobil jenis pribadi yang sering digunakan sehari hari lebih baik menggunakan shockbreaker dengan jenis minyak (oli) karena lebih empuk dipakainya. Untuk harga jualnya sendiri shockbreaker jenis cairan atau minyak lebih murah dibanding dengan shockbreaker jenis gas.


SHOCKBREAKER DEPAN MOBIL



shockbreaker depan mobil




Namun terdapat kelemahan dari shockbreaker jenis cairan ini,karena sangat rentan terjadi kebocoran jika sering terkena kotoran atau debu. Tapi untuk kenyamaanannya sendiri menurut saya lebih enak memakai jenis shockbreaker dengan cairan di dalamnya. jika dibandingan dengan gas karena sifatnya yang menekan dan akan terasa lebih keras jika dipakai sendirian.




Harga shockbreaker mobil itu sangat bermacam macam menrut jenis mobil serta merek dari produsen onderdil mobil itu sendiri. Menurut jenis mobilnya sendiri harga shockbreaker untuk mobil sedan lebih mahal dari pada jenis mobil seperti avanza. Shocbreaker mobil avanza untuk shockbreaker belakanya itu berbentuk tabung atau kapsul harganya relatif murah dibanding shockbreaker depannya.



Baca juga : - Pompa Bahan Bakar Manual
            
                   - Tips Membeli Mobil Bekas

0 Response to "SHOCKBREAKER MOBIL"