Laher Roda Mobil

Laher Roda Mobil merupakan sebuah komponen mobil yang berfungsi untuk membantu roda berputar. Jika tidak ada laher roda, mobil tidak dapat berjalan dengan sempurna. Walaupun dapat melaju pasti tidak akan setabil gerakan roda tersebut. Karena komponen mobil yang satu ini telah didesain khusus untuk membantu suatu benda supaya dapat bergerak secara stabil dan berputar dengan cepat tanpa takut macet, karena bergesekan antara besi dengan besi.

Pada sebuah mobil,masing-masing roda dilengkapi dengan laher, baik depan maupun roda belakang. Bentuk laher roda depan dan belakang terkadang tidak sama, ukurannya pun dapat berbeda menyesuaikan beban kendaraan itu sendiri. Semakin besar kendaraan semakin besar juga bentuk laher rodanya.

Jenis - Jenis Laher Roda
Laher roda mobil
Laher Roda Gotri Bulat
laher roda depan mobil
Laher Roda Gotri Pelor
Terdapat dua jenis laher roda sesuai bentuk gotri atau bantalan yang terdapat didalam laher roda. Ada yang berbetuk bulat seperti kelereng dan ada juga yang berbentuk mengerucut seperti bentuk amunisi pada pistol. Bentuk gotri bulat biasanya dipakai pada laher roda belakang,tetapi untuk jenis mobil keluaran terbaru dan mobil mobil mewah menggunakan gotri bulat pada semua laher rodanya baik depan atau pun belakang.

Sedangkan untuk gotri yang berbentuk seperti pelor atau amunisi pistol sering dipakai pada roda depan mobil jenis Toyota Kijang,Isuzu Panther,Colt T120,dll. Sedangkan mobil mobil berat seperti bus dan truk memakai laher roda jenis ini pada semua rodanya. Keistimewaan laher roda jenis ini dapat distel kekencangannya sehingga tidak mudah rusak.

Untuk mengetahui kerusakaan laher roda,biasanya ada gejala gejala yang ditimbulakan. Seperti terdengar bunyi bergemuruh pada roda saat mobil sedang berjalan. Tapi jika anda kurang peka coba periksa dengan cara mendongkrang roda yang akan diperiksa lahernya. Kemudian putar roda dan perhatikan apakah ada bunyi bergemuruh atau suara kasar pada roda? Jika kurang yakin coba gerakan roda ke atas dan ke bawah dengan kedua tangan. Jika laher roda rusak maka akan terasa seperti ada  yang kendor dan goyang.

Untuk harga laher roda itu berfariasi menyesuaikan jenis kendaraan dan ukuran laher serta merek dari laher itu sendiri. Untuk laher roda mobil jenis sedan dengan merek NTN berkisar antara 200ribu-250ribu/buah. Sedangkan untuk laher roda original mobil jenis Avanza itu berkisar 400ribu/buah. Dan untuk mobil mobil pick up seperti carry 1.5 itu berkisar 180ribu-200ribu/buahdengan merek koyo. Tapi itu semua tergantung lokasi anda berada,dan informasi harga tadi adalah gambaran untuk harga laher Roda Depan semua.

Saya kira sampai disini dulu pembahasan mengenai Laher RodaMobil, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita dan untuk saya khususnya. Terimakasih saya ucapkan kepada anda pembaca setia blog sakamautoservice.com. Wasalam,

Baca juga artikel lainnya

0 Response to "Laher Roda Mobil"