Kesalahan Yang Mengakibatkan Kopling Mobil Tidak Awet

Kesalahan yang mengakibatkan kopling mobil tidak awet

Sakam AutoserviceKopling mobil berfungsi untuk membantu proses perpindahan percepatan. Dengan adanya kopling maka proses perpindahan gigi akan terasa lebih halus. Karena kopling ini memutuskan hubungan antara transmisi dengan mesin. Ada dua jenis kopling,yaitu kopling yang menggunakan kabel kopling dan juga kopling hydrolik yang menggunakan master kopling dibantu minyak rem.

Komponen komponen kopling terdiri dari : Kampas Kopling/Plat kopling (Clutch Disc), Matahari/Plendes (Clutch Cover), Druk Laher (Release Bearing), Kabel Kopling/Master kopling, dan Pedal kopling.

Cara kerja kopling adalah,saat pedal kopling diinjak maka antara transmisi dengan mesin tidak berhubungan. Ini karena kampas kopling dan roda gila tidak berhubungan juga, yang menyebabkan putaran mesin tidak dapat diteruskan ke transmisi. Pada saat ini lah baru kita dapat memindahkan gigi transmisi.

Kerusakaan pada kopling mobil umunya disebabkan oleh cara pemakaian yang salah. Atau bisa juga cara berkendara yang tidak benar, berkendara yang terlalu sering menginjak pedal kopling menyebabkan kampas kopling cepat habis.

pemakaian kopling mobil yang salah

Pemakaian kopling mobil yang salah

Cara pemakaian atau penggunaan kopling mobil salah dapat mempercepat kopling mobil habis. Ini tidak baik,karena berakibat pemborosan pada uang kita sebagai pemilik mobil. Berikut adalah contoh pemakaian kopling mobil yang salah.

  • Meletakan Kaki di Atas Pedal Kopling

Banyak sekali pengemudi yang melakukan hal seperti ini,terutama mereka yang baru bisa nyetir. Mungkin karena siaga supaya tidak gugup saat akan melakukan pengoplingan. Tapi cara ini dianggap salah,karena jika kita terlalu sering meletakan kaki diatas pedal kopling saat berkendara. Akan mempercepat keausan pada kampas kopling/plat kopling dan juga druk laher/ release bearing.

  • Menginjak dan Melepas Pedal Kopling secara Kasar

Kesalahan berikutnya adalah melepas dan menginjak pedal kopling secara kasar. Saat trasnmisi belum berpindah sepenuhnya kita sudah melepaskan pedal kopling. Bisanya ada bunyi kasar pada bagian transmisi, hal ini dapat menyebabkan komponen kopling cepat aus dan juga dapat terjadi kerusakan pada bagian transmisi mobil.

  • Menginjak Pedal Kopling Setengah Setangah

Kesalahan yang terakhir adalah saat kita melakukan injakan pedal kopling setengah setengah. Ini bisanya dilakukan pada saat kita berada dijalan yang menanjak, atau saat terjadi kemacetan. Hal ini akan sangat mempercepat terjadinya keausan pada komponen kopling seperti plat koplig atau pun matahri (clutch cover).


Demikian adalah contoh pemakaian kopling mobil yang salah, yang dapat mempercepat keausan pada komponen kopling mobil. Dari contoh di atas semoga dapat menjadikan pembelajaran bagi pengendara mobil dengan transmisi manual supaya dapat menggunakan kopling mobil secara benar.

Baca Juga : Masalah Yang Sering Terjadi Pada Kopling Mobil

wdcfawqafwef