Lampu Mobil Kelengkapan Safety Reading

Lampu Mobil Kelengkapan Safety Reading

Lampu mobil ini sangat penting untuk kelengkapan berkendara supaya aman saat di jalanan. Banyak kasus kecelakaan terjadi karena kelalaian masalah lampu kendaraan. Misal gara gara lampu rem atau lampu sent tidak nyala dapat memicu kecelakaan. Maka dari itu petugas Satlantas sekarang juga sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye untuk menyalakan lampu utama pada siang hari, ini tidak lain untuk menjaga keselamatan berkendara dijalanan.

Sebaiknya sebelum bepergian menggunakan kendaraan perhatikan dahulu semua kelengkapan kendaraan anda. Cek satu persatu secara teliti,apakah ada lampu-lampu yang tidak berfungsi dengan baik. Jika ada yang tidak nyala sebaiknya segera diperbaiki, jangan ambil resiko keselamatan di jalanan.

Tips Mendeteksi Kerusakan Lampu Mobil

·         Kerusakaan pada lampu kendaraan biasanya yang umum terjadi adalah bohlamp yang putus atau hangus. Jika seperti ini gampang sekali anda hanya perlu mengganti bohlamp dengan yang baru.

·         Lampu mati gara gara sikring putus,jika lampu kendaraan anda mati tapi bohlampnya masih utuh atau tidak putus coba periksa sekringnya,mungkin saja ada yang putus. Periksa satu persatu,atau bisa lihat tulisan tanda letak sekring dibalik tutup rumah sekringnya.

·         Lampu mati gara gara relay rusak,untuk lampu utama atau head lamp biasanya menggunakan relay dan untuk mengetahui relay yang mati anda harus mengeceknya satu persatu dengan menukar relay yang satu dengan yang lain secara bergantian. Maka anda akan mengetahui relay mana yang sudah rusak.

·         Bagaimana kalau lampu mati tapi tidak ada yang rusak? Mungkin anda pernah mengalai masalah ini,lampu mobil anda mati tapi setelah dicek pada bohlamp,sekring dan relay tidak ada yang rusak. Menurut pengalaman saya,hal ini biasanya diakibatkan karena kabelnya ada yang putus dari dalam. Meskipun terlihat kabel lampu masih utuh,tapi tidak menjamin kalau ternyata isi dalam kabel tersebut sudah putus. Masalah ini biasanya dikarenakan oleh jamur yang mengerak pada kabel sehingga mengakibatkan kabel putus dari dalam.

Untuk mengceknya anda harus menggunakan alat seperti multi tester atau tespen led ini agara tidak terjadi korsleting. Pertama nyalakan saklar lampu,kemudian cabut jek lampu periksa satu persatu jek lampu dengan menempelkan multi tester atau tespen led ke masa terlebih dahulu. Kemudian periksa jek lampu (+) apakah mengeluarkan arus listrik atau tidak,jika tidak dipastikan terdapat kerusakaan pada kabel lampu.

Jika anda tidak yakin menggunakan cara ini sebaiknya jangan ambil resiko. Karena ini masalah listrik salah salah nanti palah terjadi korsleting.


Oke ,sampai disini dulu artikel dari saya ini nantikan artikel selanjutnya dan untuk yang baru berkunjung ke blog sakamautoservice.com silahkan baca bacar artikel sebelumnya yang sudah saya buat. Terimakasih sudah berkunjung,mohon maaf jika ada kesalahan penulisan. Wasalam 

Baca informasi menarik lainnya :

0 Response to "Lampu Mobil Kelengkapan Safety Reading"