Klakson Mobil Tidak Bunyi Ini Dia Penyebabnya!

Hallo sobat satu hoby,pada kesempatan yang berbahagia ini Sakam Autoservice akan memberikan informasi tentang penyebab klakson mobiltidak bunyi. Sobat pasti suka kesal jika pada posisi penting tapi klakson mobil yang kita butuhkan tidak mau bunyi. Hal ini juga bisa berakibat fatal, karena klakson juga sebagai sumber peringatan antara pengendara motor atau mobil.

Klakson Mobil  Tidak Bunyi Ini Dia Penyebabnya!

Klakson mobil banyak sekali macamnya, lebih tepatnya bunyi yang dikeluarkan. Ada yang bunyi standar “tin”, ada yang bunyinya sedikit besar “ton” atau biasa disebut klakson keong. Dan bahkan ada klakson yang bunyinya aneh – aneh, biasa kita temui pada mobil polisi dan bus besar.

Klakson yang bagus menurut saya adalah klakson yang bunyinya tidak mengagetkan pengendara lain. Kasian pengendara lain apalagi kalau jantungan bisa meninggal ditempat. Pilih yang standar saja, yang penting dapat berfungsi dengan baik.

Balik lagi ketopik pembahasan mengenai penyebab klakson mobil tidak bunyi, dan akan saya jelaskan dibawah ini.

Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi

Klakson Mobil  Tidak Bunyi Ini Dia Penyebabnya!

Klakson Rusak
Untuk mengetahui kerusakan pada klakson mobil yang tidak bunyi kita pertama harus memastikan apakah klakson masih bekerja dengan baik atau tidak. Kita harus melakukan pengetestsan secara langsung. Caranya adalah dengan menghubungkan terminal positif dan negatif pada klakson ke terminal positif dan negatif aki. Terminal postif/negatif klakson boleh tertukar tukar bebas. Jika klakson masih bunyi berarti klakson masih bagus, jika klakson bunyi tapi tidak keras coba lakukan penyetelan pada baut stelan yang terdapat pada klakson putar ke kanan dan ke kiri sampai mendapatkan bunyi yang maksimal.

Fuse Horn (sekring klakson)
Penyebab klakson tidak bunyi lainnya bisa dari sekring klakson yang terputus. Bisa karena arus listrik terlalu besar atau karena usia pemakaian sekring sudah sangat lama. Memperbaikinya cukup mudah, kita tinggal mengganti sekring dengan yang baru. Saat mengganti sekring usahakan dengan ukuran yang sama atau sesuai anjuran pabrikan.

Rellay Klakson
Untuk rangkaian klakson yang sudah menggunakan tambahan rellay biasanya terjadi kerusakan pada rellay. Rellay sering rusak jika terlalu lama terkena air dan kotoran. Cara memperbaikinya cukup mengganti sesuai dengan jenis rellay yang digunakan.

Kabel Rangkaian Klakson
Hal mendasar yang sering terjadi pada perangkat kelistrikan mobil adalah kabel penghubung yang putus. Putusnya kabel jelas menjadi masalah penting karena arus listrik tidak dapat terlalirkan ketujuannya. Kabel yang putus bisa karena korsleting atau karena jamur pada kabel yang menyebabkan korosi dan putus. Cara memperbaikinya kita tes dahulu terminal terminal pada klakson dengan menggunakan tes lamp. Test lamp dihubungkan dengan massa body mobil, lalu pencet saklar klakson dan test terminal klakson apakah ada arus listrik positifnya atau tidak, tandanya jika ada arus listrik berarti test lamp menyala.

Saklar Klakson
Yang terakhir biasanya terjadi akibat saklar klakson yang rusak, ini akibat rangkaian listrik di dalam saklar yang rusak. Atau bisa juga karena lempengan tembaga yang kotor karena kerak atau kotoran lainnya. Cara memperbaikinya cukup rumit karena harus membongkar saklar dan periksa rangkaian kelistrikan saklar apakah ada yang rusak atau terputus jika ada solder kembali. Dan bersihkan juga lempengan tembaga atau kuningan agar lebih maksimal.


Demikianlah informasi tentang penyebab klakson mobil tidakbunyi yang dapat saya sampaikan. Terimakasih sudah membaca, dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan.


Baca ini juga yah!

0 Response to "Klakson Mobil Tidak Bunyi Ini Dia Penyebabnya!"