Tips Aman Berkendara di Musim Hujan dari Rifat Sungkar

Berkendara di musim hujan harus dibedakan dengan cara berkendara di musim biasa atau kering. Soalnya di musim hujan jalanan licin, jadi kita harus hati hati agar tidak terjadi kecelakaan. Selain itu dimusim hujan banyak hal yang tidak kita duga yang dapat terjadi di jalanan, seperti tiba tiba jalan yang kita lalui terjadi banjir mendadak.

mobil kebanjiran

Selaku duta Safety Driving dan pembalap nasional, Rifat Sungkar berkenan memberikan beberapa tips aman berkendara saat musim hujan. Dengan pengalaman dan ilmu balap yang dia miliki rasanya kita patut untuk memperhatikan tips yang dia berikan.

Cara Aman Berkendara di Musim Hujan Ala Rifat Sungkar

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan dari Rifat Sungkar

Kurangi Kecepatan
Saat musim hujan sebaiknya kita harus mengurangi kecepatan kendaraan karena kondisi jalan yang licin. Tapi kebanyakan dari kita tidak memperhatikan hal ini, mungkin karena buru buru jadi orang tetap saja ngebut suapaya tidak telat sampai tujuan. Itu sangat berbahaya, ada baiknya kalau musim hujan berkendara secara aman, dan supaya tidak ngebut kita harus mempersiapkan waktu. Misal kita harus datang pada acara jam 7, sementara jarak rumah kita ke lokasai sekitar satu jam. Berarti kita harus datang kesana 2 atau 1 setengah jam lebih awal. Ini suapaya kita tidak buru buru dan menjaga jaga siapa tahu dijalan yang kita lalui macet.

Perawatan Kendaraan
Kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi saat di jalan, bisa saja karena suatau hal mobil kita rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Pada musim hujan yang sering mempengaruhinya adalah fungsi rem dan ban mobil atau kendaraan kita. Jadi lakukan perawatan pada kedua komponen fital ini untuk keselamatan kita. Ban yang sudah halus permukaannya akan sangat licin bila dipakai di jalan yang basah.

Cara Pengereman
Saat kita berkendara di musim hujan banyak menjumpai genangan air dimana mana. Pada saat mobil memasuki genangan air mobil akan terasa sedikit bergoyang karena pengaruh genangan air. Pada saat seperti ini sebaiknya jangan lakukan pengereman, soalnya jika kita panik dan menginjak pedal rem. Mobil bisa berputar karena jalan yang licin apalagi ban mobil kita halus. Untuk itu sebaiknya kurangi kecepatan berkendara saat musim hujan.

Periksa Wiper Kaca
Komponen yang sangat penting saat musim hujan adalah wiper kaca depan. Ini untuk menyapu air di kaca depan sopir supaya pandangan sopir tetap jelas dan tidak terganggu air hujan yang menempel pada kaca. Lakukan perawatan pada wiper kaca secara rutin, perhatikan juga kondisi air wiper. Untuk berjaga jaga jika kaca terkena kotoran yang tidak dapat dibersihkan dengan sapuan saja tapi harus menggunakan bilasan air.

Tips Menerobos Banjir
Untuk melewati genangan air kita harus hati hati dan memperhitungkan semuanya dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah letak air intake, jika air intake berada pada posisi rendah mendekati air. Sebainya kita jangan menerobos air banjir, jika tidak ingin air banjir masuk kedalam mesin melalui air intake. Banyak dari kita pengguna mobil beranggapan kalau menerobos banjir tidak masalah selama air tidak masuk ke dalam lubang knalpot. Padahal yang lebih penting adalah air tidak masuk delam air intake.


Demikianlah Tips Aman Berkendara di Musim Hujan yang diberikan oleh pembalap nasional kita sekaligus duta Safety Driving Indonesia Rifat Sungkar. Sekian dan terimakasih.


Baxa Juga : Tips Merawat Aki Mobil Lebih Awet

0 Response to "Tips Aman Berkendara di Musim Hujan dari Rifat Sungkar"